11 Ikan Kecil Air Tawar yang Sering dijadikan Ikan Hias

    11 Ikan Kecil Air Tawar yang Sering dijadikan Ikan Hias - Memelihara binatang peliharaan layaknya kucing dan anjing sesungguhnya amat menyenangkan. Namun bagi anda yang lebih menyukai ketenangan, lingkungan yang bersih tetapi menghendaki pelihara binatang, pelihara ikan hias air tawar di dalam aquarium bisa jadi pilihan.

    Selain tidak berisik dan tidak memicu tempat tinggal berantakan, pelihara ikan hias air tawar juga relatif lebih mudah perawatannya jikalau dibandingkan dengan pelihara anjing ataupun pelihara kucing. Kamu pun juga sanggup pilih berbagai style ikan hias air tawar yang cantik untuk menghiasi akuarium milikmu. 
    Ikan Mas Koki
    Saat pelihara ikan hias kadangkala sebabkan beberapa orang malas untuk merawatnya. Hal ini sebab seringkali ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium atau kolam mudah mati. Namun, hal itu berlangsung bukan tanpa asalan, bisa saja kemungkinan itu berlangsung akibat adanya kesalahan di dalam cara pemeliharaannya.


    Tidak gampang sebetulnya pelihara dan merawat ikan hias air tawar, tetapi termasuk tidak susah juga. Asalkan kamu paham cara memeliharanya, agar ikan yang kamu pelihara memiliki skala hidup yang lumayan lama.

    Ada beberapa cara pelihara ikan hias yang dianjurkan. Pertama yakni memilih ukuran akuarium atau kolam yamg cocok ukuran ikan. Lalu paham jenis-jenis ikan hias yang dapat dipelihara.

    Selanjutnya, pisahkan ikan yang tidak sehat berasal dari akuarium. Kemudian aturlah arus air di dalam akuarium atau kolam. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan air bersih. Berilah makanan bersama dengan teratur. Terakhir, seumpama kamu manfaatkan akuarium jangan lupa untuk membersihkannya juga dengan teratur.

    Makanan Ikan Hias Air Tawar

    Ikan Guppy

    Selain memerhatikan dan menjaga tempatnya, kamu termasuk wajib memberikan makanan terbaik agar ikan hias tawar kamu selalu sehat dan bisa tumbuh besar. Saat ini kamu bisa gunakan dua tipe makanan ikan hias, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

    Pakan alami merupakan tipe makanan yang berasal dari bahan-bahan alami tanpa pengolahan yang rumit. Nilai gizi dari pakan alami ini lebih bagus dibandingkan dengan makanan kemasan lainnya. Sementara itu, pakan buatan merupakan tipe makanan ikan yang gunakan bahan baku alami selanjutnya diolah oleh pabrik atau hasil olahan rumahan. 

    Jenis pakan alami ikan hias air tawar

    Ikan Oscar tiger albino
    Ikan Oscar tiger albinoIkan Oscar tiger albinoPakan alami untuk ikan hias air tawar bisa berasal dari beragam sumber. Berikut ini adalah contoh-contohnya.
    1. Udang kecil, cocok digunakan untuk memberi makan ikan hias yang masih kecil.
    2. Kutu air (daphina), pakan ini cocok untuk diberikan ke ikan hias yang telah dewasa dan bisa merubah warna mereka.
    3. Cacing sutera, pakan ini baik untuk tumbuh-kembang ikan anda gara-gara memiliki banyak takaran organik.
    4. Jentik nyamuk, pakan ini jadi makanan favorit ikan hias gara-gara bisa sebabkan proses reproduksi jadi lebih lancar berkat takaran proteinnya yang kaya.

    Jenis-jenis ikan hias air tawar yang cocok dijadikan ikan hias akuarium


    Selain empat jenis di atas, pakan alami ikan hias terhitung bisa berasal dari sayur-sayuran. MIsalnya saja sayur wortel yang terlalu berfungsi bagi ikan louhan. Ikan louhan yang diberi makan wortel bisa mempercepat proses pewarnaan dan membentuk jidatnya makin lama sempurna. Sayuran lainnya yang bisa digunakan adalah timun yang bisa menambah nafsu makan dan tambahan vitamin pada ikan seperti catfish.

    1. Ikan Hias Air Tawar Discus

    Ikan Hias Air Tawar Discus
    Ikan discus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal muasal dari Amazon, Amerika Selatan. Siapa yang tak terkesima memandang model ikan yang penuh warna ini? Bentuknya yang unik, dilengkapi bersama dengan warna yang begitu indah memicu ikan discus jadi favorit banyak orang.

    Bentuknya yang pipih kecuali diamati berasal dari depan, dan akan keluar bundar kecuali diamati berasal dari samping memicu model ikan hias air tawar yang satu ini begitu gampang dikenali. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini juga punyai sirip yang besar dan memanjang bersama dengan mata yang berwarna merah. Panjang ikan discus mampu raih 15-25 cm.

    Namun sayangnya, ikan hias tawar ini tidak disarankan untuk dipelihara para pemula. Hal ini dikarenakan ikan discus memerlukan perawatan dan perhatian ekstra dibandingkan model ikan hias air tawar yang lain.

    2. Ikan Hias Air Tawar Black Phantom

    Ikan Hias Air Tawar Black Phantom
    Jenis ikan hias air tawar yang satu ini punyai nama yang memadai seram, yakni black phantom atau jika diterjemahkan di dalam bhs Indonesia punyai arti hantu hitam. Ikan hias air tawar ini berasal berasal dari sungai-sungai yang tersedia di Amazon.

    Ikan ini mendapat sebutan hantu hitam karena warna ikan hias ini sesungguhnya nyaris keseluruhan berwarna hitam, hanya terhadap anggota ekor yang punyai garis berwarna putih. Bentuk sirip ikan hias air tawar ini terhitung bergelambir-gelambir dan membuatnya nampak seperti hantu saat berenang.

    Meski demikian, tersedia pula lebih dari satu orang yang menyebut ikan hias ini dengan sebutan ikan penari balet. Hal ini karena jenis ikan hias ini punyai tradisi bergerak maju-mundur seolah-olah tengah menari. Dalam hal perawatan, ikan black phantom tergolong amat mudah. Ikan ini memakan jentik-jentik nyamuk, cacing kering bisa juga pellet. Apakah Anda Tertarik untuk memiliki?

    3. Ikan Hias Air Tawar Botia

    Ikan Hias Air Tawar Botia
    Nah type ikan hias air tawar yang satu ini tidak hanya mempunyai fans berasal dari Indonesia saja, namun terhitung jadi idola di beragam belahan dunia.

    Ikan botia terhitung type ikan hias air tawar berasal dari family Cobitidae, dan merupakan salah satu type ikan hias air tawar yang paling banyak diburu para fans ikan hias air tawar untuk menghiasi akuarium mereka. Terdapat beberapa type ikan hias botia yang jadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

    Ikan botia berwarna kuning cerah dengan tiga garis lebar berwarna hitam. Habitat ikan botia berada di tempat perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya. Jenis ikan hias air tawar ini merupakan ikan yang aktif dimalam hari, atau yang lebih dikenal dengan arti nokturnal.

    Jenis ikan hias botia macan dan ikan botia badut merupakan spesies ikan hias botia asli berasal dari Indonesia. Ikan ini merupakan salah satu type ikan hias air tawar yang diekspor Indonesia ke beragam negara. Ikan botia badut merupakan salah satu yang jadi favorit banyak orang.

    4. Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

    Ikan Hias Air Tawar Mas Koki
    Ikan Hias Air Tawar Mas KokiJenis ikan hias air tawar mas koki merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati dikalangan pencinta ikan air tawar Indonesia.

    Dilihat berasal dari segi warna, ikan mas koki ini memang punyai warna yang cantik, yakni perpaduan warna putih dan orange keemasan. Ikan tawar mas koki juga mampu dibilang sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling laris di pasaran satu diantara jenis-jenis ikan hias air tawar berasal dari keluarga goldfish.

    Selain punyai warna yang indah, ikan mas koki ini juga punyai yang terlalu unik. Memiliki perut “buncit” bersama mata besar dan ekor yang berumbai-rumbai membawa dampak ikan mas koki begitu memikat para pencinta ikan hias air tawar. Ikan mas koki ini perlu ada di akuarium milikmu!

    5. Ikan Hias Air Tawar Louhan

    Ikan Hias Air Tawar Louhan
    Ikan Hias Air Tawar LouhanBisa dibilang, ikan louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer di kalangan masyarakat, lebih-lebih di kalangan masyarakat awam sekalipun. Hal ini sebab ikan louhan punyai wujud yang terlalu khas, yakni anggota depan kepala yang menonjol.

    Di Indonesia, ikan ini jadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati para kolektor ikan profesional. Bentuknya yang unik bersama warna yang indah menjadikan ikan louhan sebagai lambang keberuntungan. Tak ayal jikalau harga ikan air tawar yang satu ini terbilang terlalu tinggi. Tertarik memiliki?

    6. Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

    Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra
    Tidak lengkap rasanya jikalau kamu mempunyai akuarium tetapi di dalamnya tidak terdapat jenis ikan hias air tawar yang mampu memancarkan cahaya lebih kebiruan. Dengan nama latin Paracheirodon innesi, ikan neon tetra jadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar yang ada di akuarium.

    Jenis ikan air tawar ini tergolong didalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik didalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya mampu mengeluarkan cahaya.

    7. Ikan Hias Air Tawar Lemon

    Ikan Hias Air Tawar Lemon
    Jenis ikan hias air tawar sesudah itu yang patut jadi bahan pertimbangan saat kamu hendak memelihara ikan hias adalah memelihara ikan lemon. Namanyanya disita berasal dari salah satu jenis buah sebab nyaris 99% warna ikan hias ini berwarna kuning lemon.

    Ikan hias air tawar ini berasal berasal dari Afrika bersama ciri khas warna kuning lemon dan garis hitam terhadap anggota sirip punggungnya. Ikan ini juga jenis ikan air tawar yang mempunyai karakter teritory artinya mempunyai area kekuasaan dan juga ikan hias yang hidup soliter atau sendirian.

    8. Ikan Hias Air Tawar Oscar

    Ikan Hias Air Tawar Oscar
    Ikan oscar adalah jenis ikan hias air tawar lainnya yang enteng untuk dipelihara, habitat awal berasal dari ikan hias ini adalah perairan air tawar di sungai Amazon. Ikan tawar ini ini mempunyai nama latin Astronotus ocellatus, didalam perkembangannya ikan hias oscar sudah mampu di budidayakan

    Ikan ini juga jenis ikan air tawar agresif sehingga untuk memelihara ikan ini jangan di campurkan bersama jenis ikan hias air tawar yang lain. Layaknya ikan louhan, perawatan ikan oscar terlalu enteng cukup berikan makan yang pas dan membersihkan akuarium berasal dari kotoran ikan.

    9. Ikan Hias Air Tawar Molly

    Ikan Hias Air Tawar Molly
    Ikan molly merupakan jenis ikan hias air tawar yang enteng dibudidayakan. Keunikan jenis ikan hias air tawar yang satu ini terdapat berasal dari wujud tubuhnya yang gendut dan pemalu. Jadi jikalau menyaksikan musuh atau benda asing bersama cepat ikan air tawar ini akan mencegah dan bersembunyi.

    Meskipun badannya gendut, gerakan ikan ini terlalu gesit. Ikan molly juga jenis ikan air tawar yang bergerombol didalam kuantitas kecil. Namun kamu perlu cukup teliti persoalan penyediaan pakan ikan molly. Kondisi pakan didalam akuarium perlu selalu ada.

    10. Ikan Hias Air Tawar Manfish

    Ikan Hias Air Tawar Manfish
    Ikan Hias Air Tawar ManfishIkan manfish adalah jenis ikan hias air tawar yang sering kamu temui sebagai jenis ikan air tawar yang dijadikan pilihan untuk menghiasi akuarium. 

    Jenis ikan hias ini terlalu enteng dipelihara sebab mampu dicampur bersama jenis ikan hias lain didalam satu akuarium. Manfish merupakan jenis ikan hias air tawar bersama beberapa ciri mempunyai badan yang pipih dan sirip yang memanjang

    Untuk memperoleh ikan air tawar ini, banyak sekali pilihan warna yang mampu kamu pilih sesuai selera. Untuk harga pun tergolong murah, jadi enteng saja jikalau kamu mendambakan memperoleh jenis ikan hias air tawar yang satu ini.

    11. Ikan Hias Air Tawar Guppy

    Ikan Hias Air Tawar Guppy
    Terakhir didalam daftar adalah ikan Guppy, merupakan jenis ikan hias air tawar yang tidak terlewatkan bagi para pencinta ikan hias. Selain murah, ikan hias air tawar yang satu ini terlalu enteng dipelihara dan dikembangbiakan. 

    Contohnya saja jikalau kami mempunyai akuascape lantas habitatnya menyerupai sebagaimana di habitat asli guppy, secara segera jenis ikan air tawar ini mampu berkembang biak sendiri.

    Ikan guppy terlalu banyak ditemukan di para penjaja ikan hias, bersama campuran warna-warna terang dibadannya, ikan guppy tingkatkan keindahan saat kamu tambahkan ke didalam akurium. Jenis ikan hias air tawar ini juga ikan yang sesuai jikalau dicampur bersama jenis ikan hias air tawar lainnya.

    Demikian tadi sebelas type ikan hias air tawar yang cocok untuk anda jadikan referensi untuk mempercantik akuarium. Mana type ikan hias air tawar favorit kamu?
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...