14 Ikan Hias Air Tawar Yang Tahan Lama Dipelihara

    Ikan Hias Air Tawar Yang Tahan Lama Dipelihara - Dalam menghalau kebosanan banyak di antara kita lebih pilih untuk lakukan aktivitas khusus yang tak jarang jadi hobi baru. Terdapat banyak hobi yang dapat kita menentukan untuk salah satunya adalah hobi pelihara ikan hias air tawar langka. Cukup aneh memang, tetapi benar-benar menyenangkan bahkan tak jarang pelihara ikan hias khusus akan punya nilai investasi.


    Diantara hobi pelihara hewan, ikan hias terindah adalah yang tidak sangat merepotkan didalam perawatannya. Umumnya hanya memadai dengan aquarium dan makanan ikan (pelet) saja telah dapat memenuhi kebutuhan dasar ikan hias Anda. Eits, meskipun demikian Anda tetap harus hati-hati didalam perawatannya.


    Ngomong-ngomong mengkaji soal hobi pelihara ikan hias air tawar yang bisa dicampur, bagi Anda pemula khususnya, benar-benar dianjurkan menentukan type ikan hias yang ringan dipelihara dan perawatannya tidak rumit. Tentu perihal ini berdampak pada daya tahan si ikan sendiri. Nah, tersebut daftar tipe ikan hias air tawar yang direkomendasikan:


    1. Ikan Tetra


    Ikan Neon Tetra

    Berikutnya si cantik  dan mungil ikan tetra. Ikan tetra sendiri memiliki beragam jenisnya yang kelihatan sadar mampu dibedakan melalui warna. Ikan tetra merupakan model ikan tawar yang hidupnya berkelompok atau berkoloni. Jadi sementara Anda memilih untuk memeliharanya terlampau dianjurkan pelihara bersama jumlah yang banyak.


    Ikan tetra terlalu enteng didalam perawatannya. Ikan tetra benar-benar cantik lebih-lebih bila tengah berenang berkelompok dengan koloninya. Ikan model ini pun punyai harga yang relatif murah. Kendati demikian untuk jenis tertentu harganya bisa menggapai jutaan hanya satu ekornya.


    2. Ikan Cupang


    9 Jenis Ikan Cupang Hias yang Cantik dan Elegan


    Tahukah Anda ikan cupang masih satu famili dengan ikan gurame loh. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini pun cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak orang menentukan pelihara ikan jenis ini karena tidak cuman perawatannya mudah, ikan model ini miliki variasi warna cantik yang beragam.


    Tak jarang ikan cupang dijadikan sebagai investasi loh. Bahkan dilombakan dalam event-event tertentu. Ikan tipe ini pun tidak membutuhkan aquarium besar. Ikan cupang kebanyakan ditaruh di botol-botol kecil terpisah gara-gara sifatnya yang agresif dan dapat menyerang sesamanya.Untuk makanannya lumayan diberikan jentik-jentik nyamuk, cacing rambut atau cacing dara.


    3. Swordfish atau Ikan Pedang


    Fakta Seputar Ikan Todak (Swordfish)

    Jenis Ikan Hias air tawar yang satu ini memiliki warna khas dan mencolok yaitu merah menyala. Ciri khas yang paling menonjol adalah sirip lancip memanjang seperti pedang yang dimiliki pejantan berasal dari ikan jenis ini. Karena rupanya yang unik pulalah banyak orang menentukan memelihara ikan ini.


    Selain gara-gara bentuknya, dalam perihal perawatannya pun ikan ini amat mudah. Anda tidak perlu peralatan yang rumit, lumayan aquarium beserta pelet sebagai pakan ikan hias style ini bisa bertahan memadai lama meskipun tanpa filter atau oksigen sekalipun.


    4. Ikan Guppy


    Jual ikan guppy Tiger. Jantan dan betina


    Berikutnya ada ikan guppy yang dalam perawatannya pun memadai minim dan daya tahan nya lama. Ikan guppy pun banyak menjadi idola bagi para penggemar ikan hias air tawar sebab rupanya yang cantik. Ikan guppy ini memiliki ukuran yang kecil bersama dengan sirip dan juga ekornya berwarna-warni. Selagi ikan guppy mulai nyaman bersama tempatnya, ikan guppy pun akan ringan berkembang biak.


    5. Ikan Black Ghost


    Cara Memelihara Ikan Black Ghost: Ciri, Perilaku, Makanan Ikan  Hias


    Di Indonesia baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan jenis ikan air tawar unik yang diburu oleh banyak fans ikan hias yakni ikan hantu atau black ghost. Kendati benar-benar kondang di Indonesia, asal muasal ikan ini adalah dari sungai Amazon dan Suriname yang termasuk dikenal sebagai ikan black phantom.


    Yang menjadikan ikan jenis ini cukup kondang adalah warna hitam pekat yang dimiliki serta bentuk pipih bersama dengan siripnya yang panjang. Ikan tipe ini pun benar-benar mudah didalam perawatannya, bahkan tidak pilih-pilih soal makanan.


    6. Ikan Molly


    Perawatan Ikan Molly Balon, Ciri-ciri, Jenis, dan Makanannya


    Ikan hias tawar selanjutnya ada si mungil namun gembul yakni ikan molly. Ikan molly lumayan terkenal dan punya banyak penggemar. Selain dikarenakan jinak, gembul dan lucu ikan type ini pun sangat enteng untuk dipelihara dan dirawat. Ditambah varian warna yang dimiliki ikan hias air tawar yang satu ini yang miliki kekuatan tariknya sendiri.


    Sama hal nya dengan type ikan hias air tawar lainnya, hanya bermodal aquarium dan pakan saja ikan ini dapat hidup dan bertahan. Bahkan tanpa dengan perlindungan alat filter dan pompa oksigen sekalipun.


    Jadi, tipe ikan hias air tawar yang membuat Anda tertarik. Tinggal memilih keenam style ikan yang hingga pas ini masih tetap menjadi paling populer dipelihara selain karena cantik termasuk dikarenakan daya tahannya.


    7. Ikan Botia


    Ikan Botia


    Ikan botia termasuk ikan nokturnal karna aktif dimalam hari dan ikan ini adalah ikan yang paling banyak diburu para pengagum ikan hias untuk menghiasi akuarium mereka. Terdapat beberapa model ikan hias botia yang menjadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.


    Baca Juga : ikan hias air tawar termahal

     

    8. Ikan Koi


    Ikan Koi


    Tidak asing lagi yah Ruppers bersama ikan yang satu ini. Ikan koi punya ciri khas perut buncit dan warna yang cerah dan beragam. Biasanya ikan ini di letakkan didalam kolam ikan. hal ini dikarenakan ikan ini memerlukan space yang memadai lebar. Semakin besar dan makin bagus warna ikan, maka semakin mahal terhitung harganya loh.


    9. Ikan Louhan


    Ikan Louhan


    Ikan bersama ciri khas kepala yang menonjol ini amat terkenal diberbagai kalangan. Di Indonesia, ikan lohan jadi salah satu model ikan air tawar yang banyak diminati para kolektor ikan. Bentuknya yang unik bersama dengan warna yang indah menjadikan ikan louhan sebagai lambang keberuntungan. Harga ikan ini terhitung lumayan mahal loh Ruppers.


    10. Ikan Manfish


    Ikan Manfish


    Jenis ikan hias ini benar-benar mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Memiliki ciri – ciri badan yang pipih dan sirip yang memanjang serta miliki banyak pilihan warna membawa dampak ikan ini sesuai sebagai penghias akuarium Anda. Harganya untuk ikan manfish ini juga relatif tidak mahal loh Ruppers.


    11. Ikan Swordtail


    Ikan Swordtail


    Ikan swordtail punya tubuh yang berujung runcing seperti pedang, maka tidak aneh kecuali ikan ini disebut sebagai ikan pedang. Namun, bagian runcing seperti pedang selanjutnya cuma tersedia pada jantan.


    12. Ikan Lemon


    Ikan Lemon


    Dari warnanya saja tentu Ruppers telah tau nih mengapa dinamai bersama dengan ikan lemon. Yaps, perihal ini karena warnanya yang seperti lemon. Ikan ini mempunyai daya tahan yang lumayan kuat, tapi ikan lemon termasuk ikan yang agresif agar sulit digabungkan bersama dengan ikan tipe lainnya didalam satu akuarium.


    13. Ikan Neon Tetra


    Ikan Neon Tetra


    Dengan nama latin Paracheirodon innesi, ikan neon tetra menjadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar kecil yang tersedia di akuarium. Jenis ikan ini tergolong di dalam grup ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik didalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya dapat mengeluarkan cahaya.


    14. Ikan Platy


    Ikan Platy


    Sekilas ikan platy mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan molly, cuma saja warna ikan platy lebih mencolok. Ikan platy mempunyai beragam style yang menarik. Perawatan ikan ini cukup mudah. Warna nya yang mencolok dan jinak supaya cocok di memelihara oleh pemula.


    Semua tipe ikan air tawar diatas termasuk kedalam ikan air tawar yang tidak ringan mati. Hal ini gara-gara perawatan pada ikan selanjutnya tidak membutuhkan perawatan spesifik sehingga ikan – ikan diatas tidak gampang mati.


    Jika mengidamkan memelihara ikan, pasti Ruparupa miliki lebih dari satu barang penting sebagai pendukung nih. Simak yuk sebagian barang pendukung tersebut ini.


    Akuarium


    Saat pelihara ikan, pasti hal utama yang dipikirkan adalah akuarium. Anda mampu menggunakan akuarium dengan beraneka desain dan jenis seperti akuarium dengan kabinet, akuarium kaca bulat, atau lainnya.


    Filter


    Agar mutu akuarium senantiasa terjaga, hadirkan filter yang memiliki daya kerja maksimal dan praktis digunakan untuk merawat kebersihan akuarium Anda. Terdapat pilihan filter akuarium lainnya yang mampu Anda mengatur cocok kebutuhan.


    Hiasan Akuarium


    Akuarium merasa tidak lengkap tanpa kehadiran hiasan didalamnya. Adanya dekorasi dapat meningkatkan aksen tersendiri bagi akuarium Anda. Anda sanggup menambahkan beragam hiasan layaknya pasir, batu – batuan, pohon, bangunan – bangunan atau hiasan lainnya.

    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...