18 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Yang Mudah Dirawat

    IKAN HIAS GOPE - Ikan Hias Air Tawar Dan Air Laut Tercantik di Seluruh Indonesia

    18 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Yang Mudah Dirawat


    18 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Yang Mudah Dirawat


    Ikan Hias Air Tawar Aquarium Yang Mudah Dirawat - Memelihara ikan hias air tawar di akuarium mampu menjadi pilihan tepat apabila Anda dambakan meluapkan hobi sekaligus mempercantik interior ruangan Anda. Tak cuma itu, pelihara ikan hias air tawar yang bisa dicampur juga dapat membantu menenangkan pikiran loh!

    Sebagian besar masyarakat pelihara ikan hias gara-gara hobi untuk mengisi saat luang. Banyak sekali orang yang pilih untuk pelihara ikan hias tipe air tawar dikarenakan mudah untuk dipelihara. Ukuran ikan hiasnya pun beragam, ada yang kecil hingga tersedia yang berukuran besar.

    Banyaknya style ikan hias air tawar tentu sebabkan Anda bingung untuk menentukan yang bakal dipelihara. Jangan khawatir, dikarenakan pada artikel kali ini, kita akan mengulas perihal model ikan hias air tawar yang cocok dan gampang untuk dipelihara.

    Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar


    Ada lebih dari satu style ikan hias air tawar terindah yang tergolong enteng untuk dipelihara. Selain tidak gampang mati, jenis-jenis yang dapat dibahas di bawah ini dikenal bersama dengan julukan "cinta damai" yang bisa dicampur bersama dengan style ikan hias air tawar lainnya. Adapun ikan hias air tawar yang sanggup Anda memilih untuk dipelihara adalah sebagai selanjutnya ini:

    1. Ikan Koi




    Ikan koi termasuk type ikan yang paling banyak dipilih untuk dipelihara. Ikan koi adalah tipe ikan hias air tawar yang terlalu terkenal di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini memadai mudah dipelihara dan enteng mati.

    Namun, umumnya ikan koi dipelihara di dalam kolam. Karena ikan ini bisa tumbuh raih ukuran yang besar bersama ciri khas warna-warnanya yang cantik. Ikan hias ini jadi berkembang di Jepang sejak 1920-an dan masih eksis hingga pas ini.

    2. Ikan Cupang




    Ikan cupang adalah salah satu ikan hias air tawar langka yang sesuai dipelihara di akuarium sebab ukurannya yang kecil. Walaupun begitu, ikan cupang sanggup tumbuh sampai selama 12,5 cm. Di Indonesia sendiri, banyak sekali peminat ikan cupang sampai keluar perlombaan ikan cupang.

    Penilaian perlombaan ikan cupang diamati berasal dari kesehatan, kelincahan dan tubuhnya yang sangat indah. Semakin panjang sirip yang mengembang maka penilaian bakal makin lama tinggi. Ikan hias ini termasuk lumayan unik dikarenakan sanggup menghirup udara yang tidak berada di daam air bersama manfaatkan labirinnya.

    3. Ikan Guppy




    Ikan guppy berasal dari Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah bersama dengan nama lain ikan seribu. ikan hias air tawar kecil ini disebut ikan seribu karena populasinya yang terlalu banyak. Bahkan hampir di seluruh dunia miliki ikan type ini.

    Ikan Guppy merupakan ikan bersama dengan tubuh kecil yang punyai variasi warna. Bentuk tubuh ikan ini sangat langsing, sirip punggungnya tipis dan sirip ekor melebar yang bakal muncul layaknya bendera berkibar kala ikan bergerak.

    Ikan hias air tawar ini lumayan disarankan bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias yang gampang dipelihara. Karena ikan hias ini tidak perlu alat-alat khusus untuk merawatnya. Anda hanya wajib meyakinkan kebersihan akuarium dan memberinya makan secara teratur.

    4. Ikan Mas Koki




    Ikan mas koki nyaris serupa bersama ikan koi. ikan hias air tawar termahal yang berasal dari China ini sudah datang sejak lama dan banyak digemari oleh orang-orang sebagai hewan peliharaan. Wajar saja, sebab wujud badan berasal dari ikan koi terlampau lucu dan menggemaskan.

    Ikan ini sangat sesuai untuk dipelihara bagi Anda yang tidak mendambakan ribet merawatnya sebab ikan mas koki adalah ikan hias air tawar yang tidak ringan mati. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit bersama warna cerah.

    Ketika ikan ini masih kecil, warna ikan mas koki ini biasanya cuma satu warna, yakni warna abu-abu. Kemudian, disaat beranjak dewasa, ikan mas koki ini bakal beralih menjadi warna warni layaknya kuning, putih, merah, hitam dan paduan warna lainnya.

    Ikan mas koki ini benar-benar populer dan mudah ditemukan. Harganya pun benar-benar bersahabat, biarpun ada beberapa style ikan mas koki yang lumayan mahal.

    5. Ikan Discus




    Ikan discus atau yang bernama lain the king of aquarium ini banyak diminati oleh para penggemar ikan hias. Sehingga ikan hias tipe ini memiliki harga yang melambung tinggi. Ikan ini mempunyai sifat badan yang lebar bersama dengan warna atraktif.

    Ikan hias satu ini direkomendasi karena tidak ringan mati. Anda cuma mesti merawat suhu akuarium di lebih kurang 28 hingga 31 derajat Celsius, supaya senantiasa hangat dan punya takaran oksigen yang stabil.

    Biasanya, corak anakan berasal dari ikan discus ini bakal lebih bagus dari induknya. Saat mengidamkan memeliharanya, direkomendasi untuk mengkaji suasana siripnya apakah masih dalam suasana bagus atau tidak. Jika siripnya rusak, ikan dapat dianggap cacat dan harga jualnya jadi turun.

    6. Ikan Louhan




    Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang tahan lama yang sempat terkenal di tahun 2001 sampai 2002. Tren ikan hias memang terus berubah dan membuat para masyarakat yang hobi pelihara ikan louhan makin berkurang. Walaupun begitu, tetap ada orang yang memelihara ikan hias ini.

    Ikan louhan mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya, yaitu terdapatnya jendolan di bagian kepala ikan. Ikan hias air tawar satu ini adalah style ikan yang tidak dapat dicampurkan dengan ikan lainnya gara-gara dapat bertengkar.

    7. Ikan Manfish




    Ikan manfish adalah ikan hias yang mempunyai penampilan fisik lebih khas dibandingkan ikan hias terhadap umumnya. Ikan ini memiliki tubuh yang sama bersama anak panah, anggun, lembut dan cantik. Sehingga ikan ini dijuluki sebagai queen of aquarium.

    Ikan manfish terhitung dalam keluarga ikan Cichlid. Ikan ini biasanya memakan makanan layaknya larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomus. Merawat ikan hias satu ini cukup mudah. Tapi, perhatikan selamanya sirip ikan manfish sehingga tidak patah.

    8. Ikan Platy




    Ikan platy adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan hias satu ini mempunyai banyak varietas-varietas layaknya sunset, simpson, platy cagak, red coral, black tail, hawaii dan yang lainnya. Sementara yang banyak dijual di pasaran adalah ikan platy cagak.

    Ikan hias satu ini bertubuh mungil dan miliki pembawaan cinta damai. Sehingga banyak orang yang memilih ikan platy untuk dipelihara di akuarium. Ikan ini enteng untuk dipelihara karena cukup enteng beradaptasi dan kebal berasal dari serangan penyakit.

    9. Ikan Sapu-Sapu




    Ikan sapu-sapu atau yang disebut ikan plecostomus adalah ikan hias air tawar yang tidak gampang mati dan terhitung unik. Ikan hias ini mempunyai pelat lapis baja yang berat di tubuhnya dan mulut yang berupa penghisap yang berfungsi untuk memakan alga di lebih kurang akuarium.

    Karena itu, ikan ini disebut sebagai ikan sapu-sapu gara-gara dianggap mampu membersihkan akuarium. Uniknya, ikan ini sanggup hidup selama 20 tahun lebih-lebih lebih kalau dirawat bersama benar. Namun, perkembangbiakan ikan ini sanggup dikatakan sulit.

    10. Ikan Angel Fish




    Angel fish adalah anggota keluarga berasal dari cichlid yang terhitung termasuk ke di dalam ikan discus, oscar dan parrot. Ikan ini disarankan untuk menjadi ikan peliharaan dikarenakan tidak gampang mati. Ikan kecil ini mempunyai tubuh hingga panjang 6 inci dan tinggi 8 inci bersama beraneka warna dan pola.

    Ketika dewasa, ikan angel fish bisa terlampau agresif terutama jika tangki akuarium Anda penuh. Tetapi secara umum, ikan hias ini merupakan ikan komunitas yang baik. Disarankan untuk tidak memelihara ikan yang terlampau kecil atau spesies penggigit sirip bersamaan bersama dengan angel fish gara-gara mampu merusak siripnya.

    11. Ikan Oscar




    Ikan Oscar telah cukup tenar di kalangan penghobi ikan hias. Ikan hias yang berasal dari Amerika Serikat ini miliki tubuh pipih ke samping dan sirip punggung yang lebar sampai hampir mencukupi bagian punggung ikan.

    Ikan hias oscar dibagi menjadi dua style berdasarkan siripnya. Ada ikan oscar sirip panjang dan sirip pendek. Ikan ini mempunyai corak batik pada tubuhnya. Menurut warnanya, ikan ini terdapat dua jenis, yaitu ikan oscar coklat dan ikan oscar putih atau albino.

    Namun, ikan ini lumayan kondang agresif dan galak. Jadi, terkecuali Anda sedang memberi pakan, sebaiknya hati-hati dan jangan amat dekat.

    12. Ikan Zebra




    Danios Zebra atau yang sering dikenal sebagai ikan zebra adalah jenis ikan hias air tawar yang awet atau tidak ringan mati. Ikan hias ini punya warna seperti kulit zebra bersama panjang maksimal 7 cm. Ikan hias satu ini hidup bersama habitat gerombolan.

    Jadi, kalau Anda mendambakan pelihara ikan ini, direkomendasi untuk membeli ikan zebra minimal 5 ekor. Hal ini berfungsi supaya ikan tidak mudah stres. Pastikan Anda terhitung menempatkan penutup untuk menghalau ikan hias ini terlihat dari akuarium dikarenakan ikan zebra memadai mahir melompat.

    13. Ikan Lemon




    Ikan lemon diberi nama lemon sebab warna tubuhnya yang punya warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan hias ini terlihat sangat cantik dan tentunya awet. Sehingga ikan lemon ini banyak diburu oleh penggemar ikan hias air tawar.

    Ikan hias satu ini termasuk memiliki perpaduan warna hitam terhadap ujung sirip atas. Sebaiknya Anda tidak memadukan ikan ini bersama dengan ikan hias style lainnya gara-gara ikan lemon cukup agresif.

    14. Ikan Komet




    Ikan komet mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Ikan ini terhitung sering disebut sebagai ikan slayer dikarenakan wujud sirip dan ekornya yang terlihat layaknya slayer. Ikan komet yang punya nama latin Carrasius Auratus ini termasuk mempunyai warna yang terlampau cantik.

    Tubuhnya ramping bersama warna perak mengkilap putih dan merah cerah. Ekor ikan komet ini cukup panjang dan melambai saat ikan berenang. Ikan komet merupakan salah satu ikan hias air tawar yang termasuk banyak diincar pemburu ikan hias.

    15. Ikan Black Ghost




    Ikan black ghost memiliki tubuh dan ukuran yang khas juga unik. Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang lumayan populer. Tubuhnya dibalut dengan warna hitam polos dan sedikit warna putih terhadap bagian ekor dan kepala.

    Ikan hias ini mempunyai perut yang memanjang dan jari-jari sirip yang benar-benar halus sehingga menyatu bersama dengan badan. Ikan ini tidak punyai sirip punggung. Uniknya, waktu ikan bergerak, siripnya akan muncul layaknya bendera yang tengah berkibar.

    16. Ikan Barb Sumatra




    Sesuai bersama namanya, ikan hias air tawar satu ini berasal berasal dari sungai-sungai yang ada di area Sumatera. Banyak terhitung yang menyebutnya bersama dengan nama ikan Sumatra. Ukuran ikan ini amat kecil, kurang lebih 5 cm. Namun, ikan hias ini cukup lincah dan cocok untuk dipelihara.

    Dari faktor warna, ikan ini terbagi menjadi tiga warna, yakni kuning kecoklatan bersama garis hitam disebut ikan barb asli Sumatera, warna hijau disebut green tiger dan warna putih dengan sebutan albino. Dari ketiga type tersebut, ikan green tiger punya harga paling tinggi.

    17. Ikan Neon Tetra




    Ikan Neon Tetra berasal dari Sungai Amazon yang terdapat di Amerika Latin. Ikan hias ini mempunyai variasi warna biru terang dan putih perak terhadap tubuhnya yang kecil. Karena sifatnya yang berkoloni, ikan ini akan lebih menarik kecuali dipelihara dalam jumlah yang banyak, Ikan neon tetra ini berupa omnivora.

    18. Ikan Botia




    Terakhir ada ikan botia yang terlampau tenar di kalangan masyarakat yang hobi pelihara ikan hias air tawar aquarium di Indonesia baik di luar negeri. Ikan ini merupakan ikan asli berasal dari Indonesia yang berasal berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan.

    Budidaya ikan ini masih sangat sedikit karena terdapatnya larangan berasal dari pemerintah yang melarang untuk memperjualbelikan ikan botia lebih dari 15 cm. Sehingga ikan botia ini masih diambil alih dari habitat aslinya.

    Jika konsisten dibiarkan, populasi ikan ini barangkali dapat rusak dan habis. Ikan botia punya warna sisik belang berwarna kuning hitam bersama sirip merah agak oranye. Ikan ini tidak senang terkena cahaya matahari dan ringan terkejut.

    Demikian himbauan ikan hias air tawar yang dapat dijadikan pertimbangan terkecuali Anda mendambakan pelihara ikan hias di tempat tinggal dengan perawatan yang mudah.
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...