51 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berwarna Cantik | Indah | Bagus

    51 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berwarna Cantik | Indah | Bagus  - Bentuknya yang kecil menjadikan ia sebagai ikan yang ringan dipelihara. Disamping merupakan ikan terindah, harga menjual ikan termahal terhitung salah satunya dari budidaya ikan hias aquarium atau aquascape.

    Ikan Hias Air Tawar Berwarna

    Biasanya jenis ikan hias akuarium merupakan ikan ramah lingkungan yang hidupnya di air tawar dimana  target berasal dari pemeliharaan ikan ini sebagai hiasan atau memperindah area dan bukan untuk di konsumsi.

    Dalam pemeliharaannya, ikan hias air tawar kebanyakan diletakkan di dalam akuarium.

    Namun bagi yang membudidayakan ikan hias ini untuk beroleh keuntungan dari hasil budidaya, umumnya dipelihara dalam kolam. Untuk model yang dipelihara, bagi yang hobi bersama ikan hias air tawar dapat pelihara cocok bersama dengan kesukannya.

    Berbeda bersama dengan yang memeliharanya bersama obyek untuk jual-beli, mereka bakal membudidayakan ikan hias air tawar ini berdasarkan berasal dari permohonan pasar.

    Selain ikan hias air tawar, tersedia terhitung model ikan hias air laut. Namun dalam pemeliharannya di masyarakat, ikan hias air tawar lebih banyak peminatnya. Selain jenisnya ada banyak, dalam memelihara dan hal pakan, ikan hias air tawar lebih gampang untuk diusahakan.

    Di Indonesia sendiri membawa sedikitnya 363 style ikan hias air tawar yang sudah di ekspor ke beragam negara di dunia. Dalam artikel ini kita cuma bakal mengulas type ikan hias yang habitatnya didalam air tawar. Apa saja jenis berasal dari ikan hias air tawar itu? Yuukk langsung saja:

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Cupang


    ikan-hias air-tawar-cupang-warna merah

    Kita kerap mendengar nama ikan hias air tawar ini, dikarenakan type ikan hias cupang memang udah terkenal di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang termasuk banyak kami jumpai di pasar-pasar tradisional.
    Jika kita menghendaki memelihara ikan hias cupang ini jangan hingga 2 ikan atau lebih di letakkan didalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika inginkan jelas perbedaan antara ikan jantan dan betina, mampu di menyimak pada bagian tubuhnya.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Guppy


    ikan hias air tawar aquarium guppy

    Ikan Hias Jenis Guppy merupakan type ikan hias yang paling populer di Indonesia sesudah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki wujud tubuh layaknya wanita yang mengenakan rok. Bentuknya terhitung menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor tidak cukup dari 2,5 cm.
    Berasal dari tempat Amerika Selatan, ikan ini ringan beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia terlalu cepat. Ikan hias guppy terasa di kenal di Indonesia pada th. 1920-an sebagai ikan hias akuarium.

    Ikan hias guppy membawa warna dan sirip yang indah. Pada ikan jantannya lebih cenderung menarik di bandinkan dengan betina yang siripnya keluar agak kusam.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arwana


    Jenis ikan hias air tawar aquarium arwana

    Jenis Arwana merupakan salah satu ikan hias yang masih kondang hingga waktu ini. Bahkan tersedia yang menjelaskan kecuali ikan hias arwana tidak akan pernah mengalami penurunan peminatnya. Sisiknya yang unik dapat memikat siapa saja yang melihat kuncir hias ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, lebih-lebih sanggup raih hampir 1 meter.

    Ukuran telurnya yang besar dan nyaris serupa bersama dengan telur puyuh menjadikannya terhitung didalam golongan ikan purba. Ikan hias arwana punyai banyak sebutan lain layaknya arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk,naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp.

    Ikan hias arwana sanggup kita jumpai terhadap perairan tawar di daerah Kalimantan dan Papua. Namun untuk pas ini type ikan arwana udah banyak yang membudidayaknnnya, karena harga dan peminatnya yang tergolong tinggi.

    Oh iya ikan hias model arwana ini terhitung mempunyai mitos yang beredar di penduduk bahwa misalnya pelihara ikan hias arwana dapat beri tambahan kelancaran rezeki. Namun perlu di ingat ya, bahwa sang pemberi rezeki hanya satu, Dialah Allah Tuhan semesta alam.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Louhan


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Louhan Merah Muda

    Ikan louhan merupakan jenis hybrid atau ikan hasil persilangan dari model cichild buata manusias. Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang sempet populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak orang yang di awalnya tidak pernah pelihara ikan hias berbondong-bondong memelihara dan jadi pecinta ikan hias.

    Perihal tersebut dikarenakan begitu terlalu terkenalnya ikan hias jenis louhan ini. Tidak heran sebab louhan memilki warna yang indah dan menarik. Juga terhadap kombinasi warna dan sisik ikan hias louhan kadangkala membentuk sebuah tulisan.

    Selain itu jenong yang terdapat di kepalanya sanggup menyebabkan kekuatan tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Bahkan dari jenong itulah harga ikan hias louhan sanggup capai harga tertingginya.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Maskoki


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Masskoki Cantik Warna Orange

    Ikan hias style maskoki berasal dari China yang dipopulerkan oleh penduduk Jepang. Pada awalannya ikan hias jenis maskoki punya bentuk tubuh yang mirip bersama dengan ikan mas yang merupakan satu spesies. Kemudian penduduk Jepang yang mengembangkan ikan hias maskoki banyak variasi warna dan wujud jadi lebih cantik berasal dari sebelumnya.

    Ikan hias maskoki terhitung jenis ikan hias yang enteng dipelihara dan di budidayakan di rumah. Namun ikan hias ini merupakan ikan ekslusif yang tidak rela di memelihara dengan selain ikan hias type maskoki gara-gara memerlukan banyak oksigen untuk bertahan hidup.

    Jenis ikan hias ini telah familiar di telinga kita sebab banyak berasal dari masyarakat kita yang memeliharanya sebagai ikan hias. Ikan maskoki punya gerakan tubuh yang lucu disebabkan bentuk badannya yang penuh namun selalu seimbang.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Discus


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Disqus Besar

    Ikan hias type discus ini membawa bentuk tubuh yang cantik karena mirip bersama dengan pipi manusia. Ikan hias style discus ini merupakan ikan hias yang high class, sebab harganya yang mahal.
    Hal ini disebabkan oleh ciri khas yang mirip pipi manusia tersebut. Selain itu warna dan ukuran tubuhnya bisa merubah harganya.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Koi


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Koi Makan

    Salah satu jenis ikan hias air tawar yang senantiasa tenar dari saat ke waktu adalah ikan hias type koi ini. Pertama kali di kenalkan di Jepang pada th. 1920-an, ikan hias tipe koi terhitung hasil persilangan lebih dari satu strain ikan mas bersama warna putih dan merah.

    Kemudian hasil persilangan berasal dari ikan selanjutnya dikenal bersama nama ikan koi. Hingga waktu ini persilangan ikan tetap dilaksanakan dan hasilnya pun mampu kita jumpai bersama bertambahnya variasi yang begitu menarik.

    Ikan hias type koi sangat cocok di memelihara didalam kolam yang lumayan luas karena saat masih muda ekornya tidak begitu lebar lantas setelah dewasa ekorna akan tambah melebar dan besar.

    Selain itu warna dari ikan koi yang berbagai warna akan terlihat lebih indah dikala diamati berasal dari atas kolam dan juga kebutuhan ikan bakal banyak ruang untuk bergerak.

    Serunya ulang ketika kami melihat ikan berikut pas kembali lapar-laparnya. Saat kami memberikan makan, didalam hitungan detik ikan hias style koi ini akan berkunjung bersama dengan berbondong-bondong menyerbu makanan tersebut.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Oscar


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Oscar Besar

    Ikan hias model oskar merupakan model ikan yang banyak digemari oleh pengagum ikan hias didalam maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar seperti ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.
    Namun tersedia hal yang membedakan antara kedua ikan tersebut, yakni warna pada ikan hias style oscar lebih begitu banyak ragam serta gabungan warna-warnanya nampak jauh lebih indah berasal dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat layaknya ada batik yang menghiasi tubuhnnya.

    Selain itu tersedia terhitung ikan hias oscar albino atau putih pucat bersama gariss totol orange ataupun berwarna polos.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium neon tetra warna biru merah cantik


    Ikan hias neon tetra berwarna biru terang pada anggota punggung dan putih perak pada anggota abdomen menyebabkan makin menarik. Neon Tetra memiliki sebagian keluarga diantaranya neon tetra albino, black neon neon blue eyes dan noen api. Dari semua keluarganya, neon tetra merupakan yang paling kondang dan tingginya harganya.

    Bahkan selagi noen tetra mengalami kenaikan popularitas para pembudidaya mengaku kewalahan untuk memenuhi permintaan ekspor yang tinggi. Permintaan ekspor untuk neon tetra perbulan dapat raih 2 juta ekor. Akan namun para pembudidaya hanya sanggup mengirim 1 juta ekor.

    Ikan hias model neon tetra berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya di Sungai Amazon. Sekilas ikan hias ini mempunyai warna merah yang menonjol pada anggota belakang. Pada anggota tubuh atas dan bawah anggota depan, berwarna biru kehijau-hijauan.

    Neon Tetra lebih sering di pelihara secara berkelompok karena warna tubuhnya akan semakin keluar tahu dan menarik disaat sedang berkelompok.

    10. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Komet


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium cantik komet warna orange

    Ikan hias komet punyai nama latin Carrassius Auratus adalah ikan hias yang punyai banyak penggemar di Indonesia. Tak heran sebab komet mempunyai tubuh yang ramping bersama warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Juga terhadap ekor panjangnya yang terus melambai-lambai saat berenang semakin menyebabkan penggemarnya kepayang.

    Ikan hias yang tetap satu keluarga bersama ikan mas ini berasal berasal dari Jepang. Sekitar th. 1970-an ikan hias jenis komet ini baru masuk di Indonesia.

    Ikan hias tipe komet dikala masih muda bentuk ekornya tidak amat lebar. Seiiring pertumbuhannya, disaat dewasa memilki ekor lebar dan membawa dampak komet telihat gemulai.

    Untuk pelihara ikan hias type kmoet ini tidak sulit karena komet tidak rewel. Di daerah pedesaan, ikan hias model komet cuma di budidaya dalam empang tanpa perlakuan khusus. Makanannya cukup dedak (dari hasil selep padi) yang di taburkan sekali tiap tiap harinya.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Manfish


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah dan menarik manfish

    Ikan Manfish juga didalam keluarga Chiclidae. Sebutan lain dari manfish ini ialah angle fish dikarenakan warna elegan dan betuknya yang menarik. Manfish merupakan ikan yang sebabkan pemberian dan melindungi keturunannya.

    Untuk menjadikan manfish sebagai induk ikan mesti menunggunya setelah berumur 7 bulan bersama panjang sekitar 7,5 cm. Agar hasil budidaya maksimal, induk mesti di memelihara bersama dengan baik.

    Caranya bersama dengan memberinya makan jentik nyamuk, cacing tubifex atau chironomous. Tidak cuma itu, lemahnya induk pada serangan penyakit membuatnya kudu di memberikan obat Oxytetracycline dan garam secara periodik.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan  Bala Bala (Hiu Bala)


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Bala-bala-hiu bala

    Ikan hias model bala-bala ini merupakan ikan yang berukuran tubuh kecil tapi memilki wujud seperti sang predator laut. Bala-bala membawa sisik berwarna metalik dan juga sirip yang kontras bersama dengan warna hitam dan putih.
    Ikan hiu bala ialah spesies ikan dari famili cyprinidae yang merupakan salah satu berasal dari spesies genus balantiocheilos. Di khawatirkan populasi berasal dari ikan hisa tipe bala-bala ini dapat punah gara-gara populasinya yang kian menurun akibat banyak orang yag telah memperjual-belikannya.

    Di Indonesia habitat ikan hiu bala banyak dijumpai di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan. Bala-bala mempunyai panjang tubuh maksimal kira-kira 35 cm.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Lemon


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan lemon warna yang indah

    Sesuai dengan namanya, ikan hias style lemon ini memilki warna tubuh yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. Untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atas bakal terlihat warna hitam.

    Di anjurkan pemeliharaan ikan hias tipe lemon ini tidak di gabung dengan ikan tipe lainnya gara-gara ikan lemon inni juga ikan yang agresif.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Black Ghost/Black Phantom


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan black ghost

    Ikan hias tipe black ghost ini memilki nama latin yakni Apterontus Albifrons. Berasal dari Sungai Amazon dan Surinam, Black Phantom mempunyai banyak sebutan. Diantaranya black ghost dikarenakan sepintas ika hias ini keluar layaknya hantu bahkan bentuk tubunhnya yang bergelambir membuatnya makin sesuai menyandang nama black ghost.

    Ada juga nama lainnya yakni Ikan Penari Balet. Di sebut penari balet karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik bersama dengan sangat lenturnya.

    Hal ini gara-gara pertolongan berasal dari bentuk tubuh yang menggelambir dan lentur supaya mampu jalankan manuver yang tidak mampu dilakukan oleh ikan hias tipe lainnya.

    Untuk dukungan pakan berasal dari black phantom memadai 2 kali dalam sehari terhadap selagi pagi dan petang. Pakannya termasuk tidak benar-benar sulit dikarenakan black phantom menukai pakan layaknya jentik nyamuk, pelet dan cacing kering.

    Untuk accessories akuariumnya kami sanggup manfaatkan warna gelap atau hitam layaknya akar bakau batu-batuan yang berwarna hitam.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gurame Padang


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan gurame putih

    Namanya seperti ikan yang biasa kita konsumsi sebagai lauk namun ikan hias style gurame padang memilki warna putih dan kepala yang lancip seperti ikan sepat.

    Setelah dewasa warna pada gurame padang ini bakal beralih menjadi kuning pucat yang menyebabkan obyek dari memeliharanya tidak lain hanya sebagai ikan hias. Keunikan berasal dari gurame padang adalah pada waktu dewasa jidat dan juga dagu mereka bakal menonjol.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Silver Dollar


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah serupa dollar

    Ikan yang muncul bersama piranha kecil ini merupakan type ikan hias yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Banyak yang memelihara ikan hias type silver dollar sebagai komuditi bisnis.
    Sesuai bersama dengan namanya, silver dollar punyai wujud tubuh layaknya koin yang berwarna silver dan ukurannya bisa mencapai 15 cm.

    Habitat asli silver dollar berasal dari Sungai Amazon. Namun pakan ikan hias ini tergolong mudah gara-gara juga di dalam ikan herbivora. Sehingga bagi kita penggemar ikan hias hanya wajib buat persiapan dedaunan seperti selada.

    Yang paling perlu jangan lupa untuk mengatur temperatur air menjadi 26-30 derajat celcius gara-gara temperatur selanjutnya merupakan tempertaur ideal silver dollar untuk bertahan hidup.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Corydoras


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Rumah Ikan Corydas Lurik

    Ikan hias corydoras sering disebut ikan tikus gara-gara cara berasal dari ikan corydoras berenang sebenarnya terlihat layaknya tikus yang tengah berlari. Suhu idela untuk corydoran dapat bertahan hidup adalah pada 24-28 derajat celcius.
    Corydoras bakal terlampau suka andaikata akuarium yang atau kolam yang kami memakai untuk memeliharanya mirip layaknya habitat aslinya yaitu Sungai Amazon.

    Untuk itu kita mampu memicu desain akuarium kita seharusnya Sungai Amazon agar corydoras suka berada pada area barunya. Ketika berada di didalam akuarium corydoras sering berada di basic bahkan kecuali akuarium kita berpasir.

    Corydoras dapat memakan sisa makanan dan kotoran mereka yang berada di basic akuarium.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Rainbow


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan warna pelangi rainbows

    Ikan hias type rainbow membawa 53 spesies yang sudah tersebar di kawasan Australia, Papua dan Sulawesi. Spesies berasal dari rainbow merupakan ikan endemik di kawasan dan memilki ukuran panjang kira-kira 7-9 cm.

    Rainbow fish ini terhitung dalam famili Melanotaeniidae dikarenakan kerap dijumpai bersifat pipih dan mempunyai sirip yang mengkilap.

    Namun tersedia sebagian dari jenisnya lebih pendek dan membulat atau membesar pada anggota perut seperti Rainbow Ballon yang kondang di pasaran.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Mickey Mouse


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan lucu mickey mouse

    Ikan hias model mickey mouse terhitung dalam famili ikan platty. Dari sekian banyak type dalam famili ikan platty mickey mouse merupakan yang paling populer. Tidak tau pasti sebabnya disebut bersama dengan mickey mouse, tetapi ada lebih dari satu orang yang menganggapnya wujud tubunya mirip bersama mickey mouse.
    Ikan hiass style mickey mouse termasuk ikan yang agresif. Jadi di dalam pemeliharannya di akuarium lebih baik di pisah bersama dengan ikan hias lainnya. Untuk hindari agar tidak saling memakan satu serupa lain.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Botia


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan botia indah botia cantik

    Ikan hias jenis botia merupakan ikan hias yang banyak di senangi oleh pecinta ikan hias di Indonesia maupun mancanegara.Habitat asli dari botia berasal dari sungai yang memilki aliran arus deras.

    Sehingga untuk kita yang inginkan memeliharanya dianjurkan untuk memicu arus buatan terhadap akuarium atau kolam yang kita gunakan. Selain itu kita juga perlu meyakinkan suhu air terhadap temperatur 24-26 derajat celcius.

    Karena pada suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk ikan botia bertahan hidup. Ikan hias botia memiliki panjang capai 30-40 cm dan mereka lebih menyukai bersama dengan langkah hidup yang bekelompok. Sehingga untuk memeliharanya kita mesti belanja sekurang-kurangnya 4-6 ekor dan juga buat persiapan akuarium yang berukuran tengah atau lebih besar.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Niassa


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan niassa Indah

    Ikan hias tipe niassa berasal dari salah satu danau yang terletak di Afrika. Niassa merupakan type ikan hias karnivora gara-gara mereka memakan daging. Ikan hias karnivora ini bisa bertahan hidup pada temperatur suhu ideal lebih kurang 25-30 derajat celcius.

    Pakan yang di sukai oleh ikan niassa ini seperti cacaing tanah, cacing rambut dan kutu air. Ikan hias niassa bakal bisa bertahan hidup lama kalau kita bisa menjaganya bersama mengakibatkan temperatur airnya tetap dalam suasana idela dan melaksanakan perawatan yang instensif.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Red Phantom Tetra


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan red phantom tetra Ganas

    Ikan hias red phantom tetra merupakan spesies dari tetra yang lingkungan hidupnya di kawasan aliran air Sungai Orinoco Amerika Selatan. Red phantom tetra memiliki titik hitam bundar terhadap anggota belakang insang dan isyarat hitam terhadap sirip atas yang berbatasan dengan warna putih halus.
    Ikan hias red phantom tetra merupakan style hewan karnivora karena menyukai makanan berasal dari hewan seperti cacing, krustasea dan serangga kecil.

    Spesies berasal dari red phantom tetra sanggup menempatkan hingga 400 telur yang sanggup menetas dalam satu hari. Red phantom tetra membawa tingkah laku yang sama bersama dengan hyphesobrycon megalopterus.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Paradise fish


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan paradise indah

    Paradise fish punya nama latin yaitu Macropodus opercularis merupakan ikan hias style air tawar yang berasal berasal dari Cina. Mempunyai wujud ydan warna yang menarik yaitu tersedia garis warna merah dan biru berselang-seling terhadap tubuhnya.
    Siripnya di punggung panjang dan berwarna biru. Sedangkan sirip yang berada di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya. Untuk kala ini, ikan hias miliki panjang mencapai 7,5 cm ini sudah banyak berkembang bersama dengan berbagai warna diantaranya biru, cokelat dan albino.

    Ikan Paradise termasuk di dalam kategori ikan yang agresif, dikarenakan saling menyerang satu serupa lain dan berpotensi memakan ikan-ikan kecil. Di habitat liar, paradise fish adalah predator yang makan serangga, ikan kecil dan invertebrata.

    Lawan yang sebanding bersama dengan paradise fish ini adalah bala-bala atau hiu bala. Jadi jangan kita memelihara dua predator ikan hias ini di dalam satu  akuarium, karena mampu berkibat fatal.

    Paradise fish juga salah satu dari spesies yang merubah warnanya kala hadapi rangsangan (dari terang ke lebih gelap). Sangat di sayangkan popularitasnya udah banyak yang berkurang di dalam sebagian th. terakhir.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Endlers Livebearer


    Jenis ikan-hias air tawar langka -endlers-livebearer

    Apabila kita mencari ikan hias air tawar jenis Endlers Livebearer di toko-toko ikan hias maupun penangkaran ikan, endlers livebearer juga ikan langka. Karena ikan ini biasnya hanya ditemukan terhadap toko ikan hias tertentu penggemar endlers.

    Penampilan berasal dari endlers tidak jauh berberda bersama ikan guppy liar. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan gradasi warna orange, kuning, hitam, hijau terhitung baby blue.

    Dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan kepribadian yang ramah endlers livebearer gampang beradaptasi bersama kondisi akuarium.

    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Clown Kill Fish


    Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan clown kill fish

    Ikan hias jenis clown kill fish dikenal dengan banyak sebutan diantaranya  clown panchax dan rocket killfish dan juga mempunyai nama latin pula yakni pseudepiplatys annulatus. Berasal dari area liberia dan Guinea atau Afrika Barat. Ikan Hias clown killfish membawa warna yang menarik dengan strip kuning dan hitamnya yang vertikal.

    Untuk warna terhadap punggung dan sirip analnya serupa dengan warna terhadap tubuhnya. Bagian yang istemewa adalah pada ekornya yang berwarna biru bersama strip merah seperti api roket.

    Ukuran panjang berasal dari clown killfish kira-kira 4 cm bersama lingkungan hidup berada pada suhu 23-25 derajat celcius. Clown killfish terhitung di dalam golongan omnivora sebab menerima bermacam makanan seperti daphnia, bloodworm, makanan pellet dan lainnnya.

    Ikan Hias Jenis Siamese Algae Eater


    ikan hias air tawar siamese algae cantik

    Ikan hias SAE (Siamese Algae Eater) merupakan pemakan algae yang lumayan efektif. Mereka terhitung memakan alga benang dan black brush algae (algae sikat) yang banyak diabaikan oleh ikan pemakan algae lain. Selain itu SAE terhitung memakan planaria atau cacing pipih yang mampu jadi problem dalam ukuarium.

    SAE merupakan ikan hias yang mudah dipelihara dan diberi makan tapi terhitung ikan yang amat kuat. Apabila algae sudah habis, mampu diberi makanan ikan lain seperti flake, makanan hidup, pelet dan sayuran.

    Berbeda dengan CAE (Chinese Algae Eater), SAE mampu memakan lebih banyak alga daripada CAE. Ketika CAE tumbuh jadi besar CAE bakal berhenti memakan algae.

    Dalam bersihkan algae pada tanaman, SAE bisa dibilang cukup baik. Ketika kehabisan makanan atau tengah kelaparan SAE dapat memakan moss hingga botak untuk dijadikan cemilan. Selai itu SAE termasuk mempunyai kebolehan melompat yang bagus.

    Ikan Hias Jenis Red Finned Shark


    ikan hias air tawar red-finned-shark predator

    Ikan hias type Red Finned Shark atau nama latinnya Ephalzaerhynchus frenatus adalah ikan dasar yang memiliki habitat asal di Sungai Mekong, Thailand. Ikan hias yang indah dengan warna cokelat hitam atau putih albino terhadap tubuhnya ini terhitung pemakan omnivora. Selain itu sirip-sirip merah terangnya membuatnya lebih indah dan menarik.

    Red finned shark ini bisa bertahan hidup terhadap suhu ideal pemeliharaan pada 26-28 derajat celcius. Apabila kami memeliharanya di di dalam akuarium, biasanya dinding-dinding akuarium bakal bersih berasal dari lumut. Hal ini gara-gara terhadap habitat aslinya red finned shark senang memakan lumut.

    Sifat dari red finned shark ini adalah pemalu dan bahagia bersembunyi pada siang hari agar lebih kerap nampak pada malam hari untuk melacak makanan.

    Ikan Hias Jenis Flying Fox


    Ikan hias air tawar flying fox mantap

    Ikan hias tipe adalah ikan hias air tawar yang lumayan kondang di lingkungan fans ikan hias. Ikan hias berasal dari famili Cyprinidea ini banyak dijumpai di Asia Tenggara khususnya di area Indonesia seperti Kalimantan, Sumatra maupun Jawa. Pada semananjung Malysia dan Thailand bagian selatan juga ada namun tidak sebanyak yang ada di negara kita.

    Sampai pas ini flyng fox tetap dapat ditemukan bebas terhadap perairan Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Banjarmasin. Selain Banjarmasin terdapat terhitung di Sungai Barito dan juga Khajan, Kalimantan Selatan.

    Untuk di Sumatra flyng fox sanggup dijumpai di Sungai Indagiri, Batanghari dan juga Musi di kota Palembang. Mereka hidup terhadap perairan air yang berarus deras bersama dasaran bebatuan dan juga pasir. Namun sanggup juga terhitung dijumpai terhadap area yang tergenang air di hutan-hutan disaat musim hujan.

    Ikan Hias Jenis Fantail Guppy


    ikan hias air tawar style fantail-guppy ekor kipas

    Fantail Guppy merupakan ikan hias air tawar yang harganya relatif tidak mahal tetapi punya wujud yang lucu dan juga warna yang indah. Pola dan warna dari fantail guppy ini beragam macam. Ekor daripada fantail guppy yang mirip bersama dengan kipas ini bakal keluar indah dan menarik saat digunakan untuk berenang. Gerakan ekornya yang khas ini dapat membawa dampak siapa saja yang lihat tertarik kepadanya.
    Selain itu penampilannya yang anggun juga jadi  alasan utama para pengagum ikas hias memeliharanya di di dalam akuarium.

    Spesies dari guppy ini mempunyai paduan warna lebih dari 20. Namun dari banyaknya paduan warna tersebut, yang paling umum dan sering kami jumpai adalah warna biru, kuning, merah dan ungu.

    Ikan Hias Jenis Zebra Danio


    ikan hias air tawar zebra_danio indah

    Pada mulanya zebra daino diyakini berasal berasal dari Myanmar anggota timur dan Pakistan anggota barat. Namun sejalan berjalannya saat keyakianan itu beralih dan saat ini spesies zebra daino di yakini berasal dari India dan Bangladesh.

    Perubahan didalam distribusi ini disebabkan sebab identifikasi dulu dikerjakan pada spesies yang mirip dan diidentifikasi sebagai danio rerio. Selain itu akibat berasal dari pengurangan lokasi yang di huni juga berpengaruh.

    Untuk kala ini, zebra danio sering di kita jumpai terhadap penangkaran ikan sebab zebr danio ini  mudah di pelihara serta harganya yang murah. Hal ini terhitung dampak dari peternakan komersial yang telah menyediakan pasokan memadai besar bahkan tidak terbatas untuk spesies ini.

    Ikan Hias Jenis Tinfoil Barb


    ikan hias tinfoil barb indah dan cantik

    Dari sekian banyak sekian tipe ikan hais yang udah dipaparkan diatas tinfoil barb miliki sebutan yang paling banyak. Diantaranya tengadak, kapiat atau lempam sedang untuk nama latinnya adalah Barbonymus schwanenfeldii.

    Tinfoil barb merupakan ikan hias type air tawar yang masuk di dalam famili cyprinidae atau masih kerabat bersama ikan mas. Tengadak banyak dijumpai di daratan Asia Tenggara terlebih di area Indonesia anggota barat.

    Bahkan tinfoil barb disetiap daerah Indonesia memiliki nama-nama lokal sendiri. Seperti di nama tengadak, tengadak merah berasal dari Kalimantan; kepiat, kapiat, kapiek, kepiyek berasal dari Jambi; lampan dari Lampung.

    Ikan Hias Jenis Spanner Barb


    ikan hias air tawar super spanner-barb

    Di Indonesia ikan hias type spanner barb dikenal bersama dengan sebutan dokun atau kapiu atau yang lebih lazim kembali adalah ikan wader atau seluang. Kalau untuk nama latinnya sendiri adalah Barbodes lateristriga.

    Spanner barb merupakan semacam ikan kecil warga berasal dari suku cyprinidae masih satu keturunan dari famili cyprininae. Ikan hias ini kerap kita jumpai di dataran Indonesia khususnya tempat Sunda dan Jawa.

    Pada tahun 1842 ikan hias sanner barb di deskripsikan sebagai Barbus lateristriga oleh Achille Valenciennes sesudah itu berasal dari lebih dari satu ahli yang lain dipindah jadi barbodes lateristriga atau systomus lateristriga. Termasuk di dalam kategori ikan hias yang kerap dipelihara di di dalam akuarium.

    Ikan Hias Jenis Rosy Barb


    ikan hias air tawar lucu rosy_barbs

    Ikan hias tipe rosy barb mempunyai warna tubuh yang dominan merah muda dan panjang tubuh meraih 14 cm. Selama periode jaman kawin warna tubuh berasal dari rosy barb akan lebih berani.

    Untuk style jantan bakal punya warna merah muda cerah namun untuk type betinanya agak sedikit lebih gemuk dari biasanya. Sang betina termasuk tidak punyai warna hitam pada sirip seperti sang jantan.

    Ikan Hias Jenis Denison’s Barb


    ikan hias air tawar cantik dennisons-barb

    Ikan hias style denison’s barb atau sahyadria denisonii juga terkenal bersama dengan nama hiu roseline atau garis merah torpedo barb adalah golongan berasal dari spesies cyprinid endemik. Denison’s barb punyai habitat asal sungai bukit bersama dengan arus deras di lokasi sungai Ghats Barat India.

    Karakter fisik berasal dari denison’s barb adalah tanda seperti torpedo bersama dengan garis merah berjalan, sisik perak dan moncong yang mereka miliki. Garis merah ini melalui mata dan ulang ke sedang tubuh.

    Ada termasuk garis hitam yang membentang berasal dari dari ekor sampai moncong mereka. Denison’s punya panjang tubuh mencapai 15 cm. Namuan untuk saat ini yang sering di jumpai hanya berkisar pada 9 hingga 11 cm.

    Ikan Hias Jenis Gourami


    Ikan Hias Jenis Gourami

    Ikan Hias Gourami merupakan ikan gurami yang umumnya kami mengkonsumsi sebagai lauk untuk makan. Siapa sangka ternyata berasal dari ikan gurami ini  mempunyai banyak spesies yang oleh para pengemar ikan hias di masukkan sebagai type ikan hias air tawar. Gourami ini mempunyai habitat asal berasal dari Asia, Pakistan, Korea dan India.

    Diantaranya lebih dari satu spesies berasal dari gourami ini yang membawa banyak warna adalah blue gouramis, red fire dwarf dan banded gouramis. Mereka termasuk golongan ikan hias yang aktif dan mudah untuk dipelihara. Warna lazim yang sering kita jumpai untuk spesies ikan hias gourami layaknya emas, neon, biru dan jingga.

    Ikan Hias Jenis Peacock Bass


    ikan hias air tawar besar mantap peacock-bass

    Ikan hias type Peacock Bass atau biasa disebut Pbas adalah salah satu  berasal dari group ikan hias predator yang banyak memilki penggemar. Ikan hias yang berasal berasal dari wilayah perairan Benua Amerika ini merupakan salah satu anggota yang miliki tubuh terbesar berasal dari famili chiclidae.

    Sebenarnya peacock sendiri mempunyai banyak spesies namun yang biasa ditemui adalah monoculus, occelaris dan orinoco. Meskipun ikan hias pbass nampak garang, warna hijau keemasan terhadap tubuhnya selalu membuatnya cantik dan penggemar jatuh hati.

    Selain itu, ikan hias pbass terhitung bisa lakukan gerakan yang amat cepat untuk menerkan mangsanya. Ikan hias pbass ini terhitung terhitung ikan yang rakus. Ukuran panjang maskimal dari predator asal Benua Afrika ini ialah 75 cm.

    Ikan Hias Jenis Blue Ram


    ikan-hias air tawar-german-blue-ram bintik kunig hijau

    German Blue Ram merupakan ikan hias genus dari cichlids yang berukuran kecil bersama dengan sifat yang tenang dan juga penuh warna. Warna yang mendominan terhadap tubuhnya ialah kuning dan hijau. Pada siripnya terdapat bintik-bintik kecil berwarna biru.

    Pada tubuh german blue ram terkandung tujuh garis vertikal bersama dengan warna gelap dan sebuah garis yang membentang di kepala lewat mata bersama dengan jelas.

    Pada anggota tubuh layaknya deket mata, perut,bagian atas dan bawah dari sirip punggung dan juga ekor terkandung corak warna bercak merah. Untuk warna sirip punggung yang mendominan adalah warna biru namun siripnya sendiri berwarna merah dan biru.

    Ikan Hias Jenis Flagtail Characin


    ikan hias air tawar lucu flagtail-characin

    Flagatail miliki sisik yang lebar dan warna perak terhadap tubuhnya. Kemudian pada bagian sirip dan ekor berwara orange kemerahan. Namun pada ekor, sirip anal dan sirip punggung terkandung garis-garis horizontal berwarna hitam. Untuk warna terhadap insan dan kepala adalah merah tersamar.

    Ikan hias air tawar Flagtail atau lebih kerap dikenal dengan sebutan silver prochilodus banyak dijumpai terhadap kawasan sedang Sungai Amazon Brazil lebith tepatnya di danau, anak sungai dan sungai Hutan hujan.

    Ikan Hias Jenis Marbled Hatchetfish


    ikan hias air tawar mengkilap marbled-hatchetfish

    Ikan tipe Marbled Hatchetfih atau didalam bahasa ilmiahnya Carnegiella Strigata merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tersebar luas di kawasan Sungai Amazon. Persebaran ini juga meliputi Bolivia, Brazil, Kolombia, Peru dan Sungai Rio Orinoco Venezuela. Ada barangkali di kawasan Guyana dan Suriname terdapat termasuk persebarannya.

    Dengan ukuran panjangnya yang 3 cm, dikala sedang terancam predator Marbled Hatchetfish sanggup melompat terlihat air dengan mengandalkan otot sirip pektoralnya. Namun dari hasil penelitian yang ada, Marbled Hatchetfish cuma bisa melompat muncul air satu hingga dua kali. Karena dalam sekali lompat bisa menguras lebih dari satu besar tenaganya.

    Ikan Hias Jenis Panaque


    ikan hias air tawar panaque

    Para pengagum ikan hias air tawar pastinya sudah tidak asing kembali bersama dengan ikan yang satu ini. Di Indonesia ikan Panaque dikenal dengan makna ikan sapu-sapu ata pleco. Disebut ikan sapu-sapu sebab makanan dari ikan panaque ini berupa algae yang menempel pada kaca akuarium.

    Ikan hias yang berasal dari kawasan Amerika tropis ini terhitung dari keluarga lorocariidae. Namun tidak semua keturunan dari loricariidae adalah ikan sapu-sapu.

    Dalam perdagangan ikan hias internasional panaque dikenal bersama dengan plecostomus atau nama pendeknya plecs dan plecos. Analogi yang sama termasuk digunakan oleh fans ikan hias di Indonesia cuma saja tidak serupa alat yakni sapu. Sedangkan untuk Malaysia menyebutnya bersama dengan ikan bandaranya.

    Ikan Hias Jenis Black Skirt Tetra


    ikan hias air tawar black-skirt-tetra

    Ikan hias model Black Skirt Tetra merupakan ikan hias yang  biasa di memelihara didalam akuarium. Ciri khas dari black skirt tetra ini terdapat terhadap tubuhnya yang berwarna perak (kombinasi warna abu-abu dan silver dan juga hitam). Disamping itu wujud tubuhnya sama bersama jenis discus sebabkan para fans ikan hias menyukainya.

    Dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 6 cm, black skirt tetra juga ikan hias yang punya energi tahan tubuh kuat dibanding dengan sesama spesiesnya agar bagi pemula ikan hias air tawar mampu mencoba untuk memeliharanya.

    Perlu menjadi bahan perhatian juga kalau di dalam pemeliharaannya, black skirt tetra jangan dicampur bersama dengan ikan yang lebih kecil darinya gara-gara sering kadang ia usil kepada dan bersikap menguasai kawasan. Kalaupun wajib mengkombinasikan bersama yang lain, usahakan dengan ikan yang seukurang bersama black skirt tetra juga.

    Ikan Hias Jenis Striped Raphael Catfish


    ikan-hias air tawar-striped-raphael

    Ikan hias air tawar type Striped Raphael Catfish atau kerap termasuk disebut Chocolate Catfish merupakan keturunan dari famili type lele. Sebenarnya tersedia banyak sebutan lain untuk lele, diantaranya chocolate catfish, talking catfish atau chocolate doradid.

    Striped Raphael Catfish masuk kategori ikan hias sebab mempunyai temperamen yang menggembirakan dan karakter mendambakan menyadari yang lebih. chocolate catfish ini kerap berada di kawasan Sungai Amazon, Parnaiba, Tocantins, Orinoco, Sungai Guyana di Perancis, Essequibo di Brazil dan Suriname.

    Ikan Hias Jenis Aligator Gar (Spatula) atau Ikan Buaya


    ikan buaya spatula

    Sebutan lain untuk ikan buaya yakni Spatula atau mampu juga Aligator Gar dan nama latinnya adalah Atractosteus. Ikan buaya merupakan salah satu ikan primitif yang keberadaannya masih sanggup kami jumpai sampai saat ini. Betuk kepalanya yang sama bersama dengan buaya memperlihatkan bahwa ikan ia termasuk style predator.

    Yang paling menonjol terdapat pada moncong yang pendek, besar dan kokoh dan juga rahang atas yang ditumbuhi gigi-gigi besar berbaris ganda. Di samping itu termasuk warna tubuh aslinya  yang hitam. Namun kalau di pasaran kita bakal menjumpai warna tubuhnya kecokelatan (mungkin hasil persilangan).

    Ikan aligator gar ini mengakhiri postingan 51 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berwarna Cantik | Indah | Bagus, sampai jumpa di postingan selanjutnya, terima kasih.
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...