5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Merupakan Spesies Asli Indonesia Adalah

    5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Merupakan Spesies Asli Indonesia Adalah - Indonesia merupakan salah satu negara bersama dengan biodiversitas yang tinggi, terhitung di dalamnya adalah fauna akuatik. Terdapat beberapa spesies ikan hias air tawar dari Indonesia yang dinilai eksotis dan memiliki nilai menjual yang tinggi.

    Ikan ini banyak diminati di pasar nasional maupun mancanegara, karena hal tersebut para penghobi maupun instansi spesifik berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan-ikan ini.  Berikut ini adalah 5 type ikan hias air tawar dari Indonesia yang eksotis dan banyak diminati oleh penghobi.


    Ikan Hias Eksotis di Indonesia


    1. Arwana (Scleropages sp.)


    (Scleropages formosus)

    Arwana merupakan salah satu type ikan hias asli Indonesia yang iconic. Di Indonesia ikan bersama dengan julukan “dragon fish” ini terdapat 2 spesies yakni Scleropages formosus di Kalimantan dan Scleropages jardinii di Papua. Kedua spesies ini miliki bentuk tubuh yang mirip, perbedaanya terletak pada warna tubuhnya.

    Arwana Asia (Scleropages formosus) punyai warna tubuh merah sampai keemasan, sedang arwana jardini berwarna perak kehitaman. Arwana terhitung ikan teritorial yang hidup secara soliter pada perairan yang berarus bersama suhu 24°C - 30°C. Ikan predator yang memangsa ikan kecil, serangga dan katak ini mampu tumbuh hingga 90 cm.


    2. Ringau (Datnioides sp.)

     
    (Datnioides microlepis)

    Dikenal juga sebagai Tigerfish, ikan ini merupakan salah satu model ikan predator yang terkandung di wilayah Asia Tenggara meliputi Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Indonesia hingga Papua nugini.

    Datnioides microlepis merupakan spesies yang berasal dari Indonesia, tepatnya di wilayah Sumatera serta Kalimantan. Ikan ini hidup di perairan bersama suhu antara 22°C - 26°C. Tubuh ikan ini memipih secara vertikal dan berwarna kuning dengan garis-garis hitam. Ikan ini sanggup tumbuh hingga 45 cm. 


    3. Ikan Rainbow

     
    (Melanotaenia boesmani)

    Beberapa spesies ikan rainbow merupakan ikan hias asli Indonesia bagian timur, tepatnya berhabitat di perairan Sulawesi dan Papua. Ikan ini punyai bentuk tubuh pipih secara vertikal bersama variasi warna yang beragam, tergantung pada spesiesnya.

    Melanotaenia parva dan Melanotaenia boesmani merupakan contoh spesies ikan rainbow yang berada di Indonesia. Ukuran maksimal dari ikan ini berkisar pada 7-10 cm, karena ukurannya yang kecil dan warnanya yang menarik, ikan rainbow umumnya digunakan untuk isi aquascape. 


    4. Ikan Botia


    (Chromobotia macracanthus)

    Botia merupakan salah satu ikan hias endemik Indonesia yang sanggup dijumpai di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini hidup secara bergerombol atau schooling fish di perairan dengan suhu 25°C - 30°C.

    Tubuh ikan botia berwarna oranye dengan garis vertikal berwarna hitam, ikan ini mempunyai pertahanan diri berwujud duri yang berada di bawah mata mereka. Duri ini cuma bakal nampak kala botia menjadi terancam. Ukuran maksimal dari ikan botia berkisar antara 20-30 cm.


    5. Ikan Gabus (Channa sp.)


    (Channa marulioides)

    Di Indonesia sendiri terdapat sebagian spesies ikan Channa, Channa micropeltes dan Channa marulioides merupakan dua spesies yang paling terkenal. Ikan Channa tersebar di bagian barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

    Ikan ini punya warna dan ukuran maksimal yang banyak variasi tergantung dari spesiesnya. Channa merupakan ikan teritorial yang hidup menyendiri di perairan yang tenang bersuhu 26°C - 30°C. Ikan ini dapat memangsa ikan kecil, serangga, katak hingga kadal kecil.
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...