18 Ikan Hias Air Tawar Bergerombol

    18 Ikan Hias Air Tawar Bergerombol - Saat memutuskan ikan mana yang akan dimasukkan ke dalam akuarium baru, Anda barangkali mendambakan menentukan spesies yang tidak serupa bentuk, warna, dan sifatnya. Salah satu jenis ikan yang perlu Anda lirik adalah schooling fish dengan sebutan lain ikan kawanan yang hidup bergerombol. Ikan kawanan kebanyakan adalah ikan kecil berwarna cerah yang sangat pemalu selagi sendiri, tapi disaat dikelilingi oleh ikan lain dari type mereka sendiri kepribadian mereka yang sebetulnya dapat muncul.

    Ikan kawanan

    Sebelum memeliharanya, mutlak terhitung memperhitungkan persyaratan air, syarat-syarat akuarium, dan temperamen ikan karena tak semua ikan kawanan bakal sesuai dengan satu sama lain. Nah selanjutnya adalah lebih dari satu model ikan kawanan yang terlampau direkomendasikan untuk akuarium rumahan.

    Cardinal Tetra

    Cardinal Tetra

    Jenis Ikan Akuarium Terbaik pertama dikenal sebagai ikan yang paling drastis dalam daftar ini, cardinal tetra mempunyai perut merah terang yang luar biasa dengan sisik berwarna biru kehijauan di bagian atas tubuh mereka. Dikombinasikan bersama dengan fakta bahwa mereka puas hidup dalam kawanan menengah-besar, mereka pasti akan menarik perhatian Anda.

    Cardinal tetra adalah ikan damai yang ringan bergaul dan mereka paling suka kalau dipelihara dalam grup setidaknya enam ekor. Mereka merupakan pasangan yang baik untuk danio, rasbora, dan tetra lainnya.

    Cardinal tetra memiliki keperluan air yang sedikit lebih spesifik. Airnya mesti lunak dan asam bersama kandungan mineral yang rendah. Tetra paling baik dipelihara didalam akuarium yang telah stabil alih-alih akuarium yang baru dikondisikan karena mereka lebih sensitif pada pergantian situasi air.

    Platy


    Ikan Platy

    Jenis Ikan Akuarium Terbaik kedua: Platy adalah ikan tropis air tawar yang amat populer, miliki beragam warna menakjubkan, dan terlalu mudah dirawat, menjadikannya ikan pemula yang luar biasa. Mereka adalah pasangan akuarium yang hebat karena mereka tidak agresif dan sanggup hidup bersama tetra, moluska, dan ikan kecil lainnya. Warnanya sangat beragam karena pembiakan, namun platy kebanyakan ada di dalam kombinasi warna merah, oranye, perak, dan hitam.

    Ada varian lucu platy yang disebut platy Mickey Mouse, dinamai demikianlah gara-gara mereka punya marking hitam pada ekornya yang bentuknya menyerupai telinga Mickey Mouse. Platy “secara teknis” bukanlah ikan kawanan, namun mereka hidup suka di dalam kelompok-kelompok kecil dan tidak boleh dipelihara secara terisolasi. Mereka sosial, amat aktif, dan cocok untuk akuarium komunitas.


    Red Rainbowfish


    Ikan Red Rainbowfish

    Jenis Ikan Akuarium Terbaik ketiga: Ada banyak model rainbowfish alias ikan pelangi, namun rainbowfish merah adalah yang paling tenar dipelihara oleh hobbyist di akuarium komunitas. Ikan ini dimorfik secara seksual, di mana jantan lebih berwarna dan menampilkan warna merah, oranye, kuning, dan perak yang cerah, sedangkankan betina kebanyakan berwarna perak. Varietas lain ada dalam setiap warna pelangi.

    Red rainbowfish condong melakukan “shoaling” daripada “schooling.” Alih-alih berenang didalam formasi ketat dan berbalik kala satu anggota kelompok berpaling, ikan-ikan ini dapat “nongkrong” berdekatan satu mirip lain, tapi bisa menghadap ke arah yang berlainan dan tidak wajib senantiasa mengikuti gerakan satu sama lain.

    Mereka adalah ikan yang terlalu aktif, dan tumbuh hingga 15 cm di usia dewasa, yang artinya mereka butuh akuarium besar bersama dengan banyak area untuk berenang. Ikan-ikan ini paling baik dipelihara dalam kelompok 6-10 ekor. Mereka biasanya tangguh, tapi gara-gara mereka terlalu sensitif pada kondisi air yang tidak baik mereka mungkin bukan pilihan terbaik bagi penghobi yang tidak cukup berpengalaman.

    Zebra Danio


    Ikan Zebra Danio

    Zebra danio adalah ikan yang bagus untuk dimasukkan ke didalam akuarium yang membutuhkan sedikit variasi. Ikan ini punya garis-garis horizontal cerah yang membentang di sepanjang tubuh mereka. Garis-garis biru-hitam dan peraknya akan terlihat kontras bersama sebagian ikan kawanan lain yang lebih cerah layaknya tetra atau barb.

    Ikan yang sangat tangguh ini cepat berkembangbiak dan mereka bakal kawin seumur hidup. Zebra danio damai, tapi sebab benar-benar aktif mereka bisa suntuk dan merasa menggigit sirip ikan lain yang lebih panjang. Karena itulah mereka hanya boleh dimasukkan ke di dalam akuarium memuat danio lainnya, tetra, dan barb, bukan bersama ikan bersirip panjang seperti angelfish atau catfish. Zebra danio paling baik dipelihara didalam kawanan lima ekor atau lebih.

    Rummy Nose Tetra


    Ikan Rummy Nose Tetra

    Bisa dibilang ini adalah Ikan Hias Air Tawar kawanan yang paling populer. Rummy nose tetra dinamai demikian sebab memiliki marking merah cerah yang membentang di wajah mereka. Mereka miliki tubuh perak ramping bersama ekor hitam dan putih.

    Ikan drastis ini terlampau menghibur untuk ditonton dikarenakan mereka adalah ikan kawanan yang terlalu aktif. Pewarnaan wajahnya yang cerah bakal jadi tambahan yang bagus untuk akuarium mana pun, belum ulang ekornya yang lucu.

    Rummy nose tetra sedikit lebih tertentu keperluan airnya dan perlu perhatian ekstra. Menurut sebagian penghobi, kecerahan “hidung” merah mereka sanggup menjadi indikator mutu air akuarium mereka.

    White Cloud Mountain Minnow


    White Cloud Mountain Minnows

    White Cloud Mountain Minnow mungkin tidak sepopuler tetra dan barb, tapi mereka adalah ikan kawanan yang prima untuk akuarium air tawar. Mereka umumnya terhitung lebih terjangkau daripada tetra dan ikan sejenis lainnya. Ikan kecil ini berwarna perak bersama percikan merah, dan diberi nama sesuai nama lokasi di mana mereka pertama kali ditemukan, yaitu wilayah White Cloud Mountain di China.

    White Cloud Mountain selamanya terlalu kecil meski sudah dewasa dan tunjukkan prilaku schooling yang menarik bersama dengan warna-warna yang atraktif. Mudah dipelihara sebab sifat tahan bantingnya, ikan ini terlalu aktif dan merupakan ikan kawanan yang prima bagi siapa pun yang baru studi memelihara ikan hias.

    Harlequin Rasbora


    Ikan Harlequin Rasbora

    Harlequin rasbora adalah ikan kawanan yang terkenal di kalangan penghobi karena sifatnya yang damai dan kemudahan perawatannya. Mereka suka hidup dalam kawanan berjumlah 6-8 ekor dan kebanyakan bisa jadi rekan akuarium yang tenang untuk akuarium berukuran berapa pun.

    Harlequin rasbora berwarna perak dan pink kemerahan dengan patch segitiga biru kehitaman di anggota belakang tubuh mereka. Mereka muncul mencolok dan menyenangkan untuk ditonton selagi menjelajahi tingkat atas akuarium.

    Mereka sangat enteng beradaptasi sehingga cocok dipelihara oleh pemula. Selama kriteria air mereka terpenuhi, mereka terlampau tangguh. Mereka terhitung sanggup berpasangan bersama dengan spesies rasbora lainnya yang akan bergerombol bersama dengan harlequin dan menambah kekuatan tarik terhadap akuarium Anda.

    Bloodfin Tetra


    Ikan Bloodfin Tetra

    Bloodfin tetra adalah variasi tetra yang dikenal sebab warna merah cerah pada sirip perut dan sirip ekornya. Ikan ini disukai sebab gampang perawatannya. Mereka mampu menolerir bermacam suhu dan kondisi air dan merupakan bagian akuarium komunitas yang damai.

    Mereka bergerombol dalam grup sekitar enam ekor dan lebih nyaman dalam kawanan besar. Di komunitas yang kurang banyak variasi (dengan hanya 2-5 spesies lainnya), mereka mampu menjadi agresif dan menggigiti sirip ikan lain. Karena alasan itulah bloodfin tetra paling baik dipelihara didalam komunitas bersama dengan 6-8 spesies ikan berbeda.

    Ikan ini terlalu aktif dan membutuhkan akuarium yang cukup besar untuk mengakomodir tingkat aktivitas mereka. Bloodfin tetra termasuk menyukai akuaruium yang ditanami dan warnanya terlihat benar-benar drastis pada substrat yang lebih gelap.

    Congo Tetra


    Ikan Congo Tetra

    Congo tetra terkenal gara-gara sisik perak dan oranyenya yang berkilauan yang dapat memiliki guratan warna biru atau hijau. Agar ikan tidak gelisah atau stres, mereka mesti dipelihara dalam kawanan berjumlah enam ekor atau lebih dan wajib menjadi ikan “dominan” di dalam komunitas supaya mereka tidak menjadi tertutup dikarenakan menjadi terancam.

    Mereka adalah ikan pemalu yang tidak boleh dipelihara dengan ikan besar, cepat, atau agresif. Pewarnaan mereka harus selamanya cerah. Pemudaran atau penggelapan warna mereka pertanda stres sebab situasi lingkungannya, baik gara-gara kualitas air ataupun perilaku rekan seakuariumnya.

    Congo tetra perlu lapisan tanaman yang bagus di akuarium untuk digunakan sebagai daerah persembunyian. Mereka adalah ikan yang luar biasa untuk dipelihara, tapi paling sesuai dipelihara oleh orang yang sedikit mempunyai pengalaman dan tahu model ikan apa yang sesuai dijadikan teman seakuariumnya.

    Scissortail Rasbora


    Ikan Scissortail Rasbora

    Scissortail rasbora adalah ikan kecil dengan ekor bercabang yang nampak layaknya bilah gunting. Saat berenang, mereka terhubung dan menutup ekornya, memicu sirip ekornya yang unik sangat menyerupai gunting, dan tubuh mereka yang lentur mempermudahnya menembus air. Mereka adalah ikan perak ramping yang ukurannya selalu 10 cm. Mereka adalah ikan kawanan yang damai dan prima untuk akuarium komunitas. Scissortail rasbora sebaiknya dipelihara dalam kawanan sekurang-kurangnya enam ekor.

    Mereka sangat cocok dengan banyak spesies ikan lain yang biasanya dipelihara di akuarium komunitas, layaknya danio, cory, angelfish, dan spesies rasbora lainnya. Ikan ini memang membutuhkan banyak ruang untuk berenang dan paling suka andaikan dipelihara di dalam akuarium yang panjang, bukan yang tinggi. Ini dimaksudkan sehingga mereka memiliki jangkauan daerah yang lebih besar untuk dijelajahi.

    Seperti banyak ikan kawanan dan ikan air tawar lainnya, scissortail rasbora cocok hidup dalam air bersih dan sedikit asam. Mereka sangat baik untuk ditambahkan ke akuarium yang tidak mempunyai schooling fish yang menyenangkan, ramah, dan menghibur!

    Pygmy Cory


    Ikan Pygmy Cory

    Pygmy cory adalah ikan lele hias kecil yang menggemaskan untuk akuarium air tawar. Mereka berwarna perak bersama kumis kecil dan sisik berwarna-warni serta garis hitam di sisinya. Ikan Hias ini paling baik dipelihara dalam kawanan kecil 6-8 ekor, tapi bisa jadi pemalu dan gelisah dalam kawanan tidak cukup dari enam ekor. Dalam kawanan yang cukup, kepribadian ikan kecil ini merasa bersinar.

    Penting bagi pygmy cory untuk hidup di didalam akuarium bersubstrat halus yang tidak dapat tertelan secara tidak sengaja kala mereka mengais-ngais basic akuarium. Karena ukurannya, pygmy cory dapat diintimidasi (atau apalagi dijadikan sasaran) oleh ikan yang lebih besar, menjadi penting untuk cuma pelihara ikan ini bersama dengan ikan kerdil, udang, atau keong lainnya.

    Clown Loach


    Ikan Clown Loach

    Clown loach unik dan berbeda bersama dengan kebanyakan ikan lain di daftar ini. Loach miliki hidung panjang dan barbel; wujud tubuh mereka sangat menolong untuk berenang cepat. Mereka mempunyai duri di wajah yang digunakan untuk pertahanan, namun mereka adalah ikan yang sangat damai dan jarang miliki kasus bersama dengan kawan seakuarium mereka.

    Namun, Anda perlu waspada sementara mencari teman karena mereka bisa tumbuh hingga 20 cm panjangnya dan barangkali bukan pasangan sesuai untuk seluruh ikan kawanan. Clown loach memiliki tubuh berwarna oranye-emas bersama dengan pita-pita gelap berbentuk V yang membentang di sisi-sisi tubuh. Mereka condong bahagia menjelajah di dasar akuarium dan ini menyebabkan mereka tidak serupa bersama dengan ikan-ikan lain yang disebutkan di sini.

    Mereka harus hidup dalam kelompok 5 ekor atau lebih, tapi perlu lebih banyak prinsip daripada ikan lain karena ukuran dan harapan hidup mereka.

    Cherry Barb


    Ikan Cherry Barb

    Jenis Ikan Akuarium Terbaik ketiga belas bernama Cherry barb. Cherry barb beroleh nama mereka dari sisik merah ceri mereka. Mereka terhitung mempunyai garis gelap yang membentang berasal dari kepala ke ekor. Pejantan punyai warna yang lebih cerah. Ikan kawanan ini paling suka dan sehat disaat dipelihara bersama dengan cherry barb yang lainnya. Ini menahan mereka terintimidasi oleh ikan lain dan terpaksa perlu bersembunyi.

    Mereka yakin diri saat hidup di dalam kawanan berasal dari tipe mereka sendiri. Cherry barb mudah dirawat dan tidak tumbuh terlalu besar agar mereka adalah ikan pemula yang baik. Penting untuk mendapatkan rasio yang benar pada pejantan dan betina guna menghindari prilaku agresi atau pemalu; biasanya satu pejantan untuk setiap dua betina adalah rasio terbaik.

    Ikan Molly


    ikan yang beranak adalah, ikan yang beranak dan bertelur, ikan yang ringan beranak di akuarium, nama ikan yang beranak, ikan beranak di aquascape, ikan yang melahirkan anak, ikan hias yang bisa beranak


    Ikan molly cukup terkenal karena pembawaannya yang tenang dan damai, ia adalah pilihan yang memadai kondang sebagai pengisi akuarium air tawar bersama beragam ukuran. Ia mempunyai banyak ragam corak yang cantik, style kelaminnya pun ringan dibedakan. Ikan molly jantan lebih ramping dibandingkan ikan molly betina.

    Ikan Guppy/ Gupi


    ikan hiasan yang beranak, ikan hias yang beranak, ikan yang cepat beranak, ikan yang ringan beranak, contoh ikan yang beranak, ikan yang gampang beranak di akuarium, nama ikan yang beranak.

    Banyak sebutan untuk ikan yang didalam bhs Inggris bernama Guppy fish ini, diantaranya ikan seribu, ikan cere dll.

    Berbagai peranakan campuran yang mendatangkan warna-warna yang variatif memicu ikan ini sangat populer. Ikan ini adalah ikan hias yang cepat berkembang biak.

    Ikan Honey gourami


    ikan ikan hias akuarium yang suka membuat kelompok

    Honey gourami adalah pilihan yang pas untuk pemula, dan merupakan Ikan hias yang bergerombol. Ikan ini tidak agresif, berwarna cerah, beradaptasi bersama beraneka parameter dan suhu tangki air. Selain disebutkan di atas, ikan ini adalah yang terkecil didalam genusnya.

    Corydoras julii (Leopard Cory)


    ikan hias kecil air tawar bergerombol

    Ikan Corydoras punya temperamen yang tenang, damai, dan tidak agresif. Beberapa model Lele Cory lebih pemalu dari yang lain. Ini bisa saja terhitung ada hubungannya bersama dengan ukuran mereka relatif kecil dibandingkan ikan lain di didalam tangki. Jadi sebaiknya sandingkan ia bersama dengan ikan yang seukuran. Seperti ikan tanpa tulang lainnya, Ikan Cory peka pada garam. Menambahkan garam ke tangki dapat membahayakan mereka.

    Bandit catfish


    jenis ikan hias kecil bergerombol, ikan hias kecil yang puas bergerombol, ikan hias kecil air tawar bergerombol

    Lele bandit, Corydoras bertopeng, bandit corydoras, atau Meta River corydoras, Corydoras metae, adalah ikan air tawar tropis berasal dari sub-keluarga Corydoradinae berasal dari keluarga Callichthyidae. Ia punya tubuh putih pucat dengan semburat warna merah jambu. Tubuhnya miliki pita hitam di ke dua segi kepala yang membentang vertikal di atas mata dan garis lain yang membentang secara horizontal berasal dari sirip punggung ke ekor. Secara keseluruhan, ikan ini adalah ikan yang benar-benar damai, jadi ikan yang tepat disatukan bersama ikan yang lebih kecil lainnya.

    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...