Ikan Hias Air Tawar Botia

    Ikan Hias Air Tawar Botia - Ikan botia merupakan salah satu style ikan Loach. Ikan ini tergolong ikan hias yang menjadi favorit para kolektor. Memiliki warna yang menarik, harga ikan ini termasuk lumayan kompetitif di pasaran.

    Ikan Hias Air Tawar Botia

    Ikan botia biasanya enteng Anda temukan pada daerah aliran sungai. Ketika musim penghujan atau musim pemijahan. Ikan ini dapat jalankan migrasi dan ganti terhadap area aliran sungai yang kecil.

    Hal ini disebabkan dikarenakan ikan botia lebih menyukai aliran air yang tenang, juga punyai organisme tumbuhan air. Pada tumbuhan inilah mereka umumnya akan bernaung.

    Karakter dari ikan botia sendiri yakni dikenal sebagai ikan yang pemalu. Anda yang menginginkan mengoleksi ikan ini mesti sediakan akuarium yang cukup luas sebab ukuran ikan botia sendiri cukup besar, yakni kurang lebih 16-20 cm didalam habitat alami mereka.

    Meskipun demikian ukuran ini sendiri mampu menggapai 30 cm, bahkan ikan botia terbesar pernah ditemukan mencapai 40 cm. Berikut adalah informasi berkenaan ikan botia yang bisa Anda ketahui.

    Jenis Ikan Botia

    Jenis ikan botia sebetulnya ada banyak, tetapi terhadap penjelasan kali ini akan dibahas dua model umum ikan botia di Ikan Hias Indonesia.

    India

    Ikan Botia India

    Ikan botia india atau Botia Almorhae (Yoyo Loach) berasal dari Nepal dan India. Ikan ini termasuk kerap disebut bersama Pakistani Loach yang mana lokasi penemuan mulanya adalah di aliran Sungai Gangga yang punya arus tenang.

    Ciri khas berasal dari ikan botia India adalah mempunyai warna hitam keabuan dan putih belang-belang, dengan wujud abstrak pada semua tubuhnya. Ikan botia India sendiri dapat capai panjang 10 cm dan sifatnya aktif saat malam hari.

    Kisaran Harga Rp 7.500 – 60.000

    Badut

    Chromobotia macracanthus atau yang dikenal bersama nama ikan botia badut ini ditemukan oleh Peter Bleeker berasal dari Belanda terhadap tahun 1852 dan menggolongkannya ke dalam ikan Loach.

    Ikan Botia Badut

    Pada tahun 2004, Maurice Kottelat dari Swiss memisahkannya dari golongan Loach dan menyebutnya sebagai Chromobotia. Asal mula ikan hias air tawar ini yakni berasal dari tempat Malaysia dan Indonesia, lebih-lebih Pulau Sumatera dan Borneo.

    Ikan botia badut punyai bentuk tubuh bulat memanjang dengan warna tubuh yang cerah berwarna antara merah, kuning, dan oranye. Ada garis vertikal berjumlah 3. Punggung ikan botia warnanya hitam, sedang pada bagian bawahnya yakni berwarna kuning.

    Bagian sirip memiliki warna merah oranye dan hitam terhadap ikan botia badut kalimantan, namun pada ikan botia badut sumatera sirip berwarna kemerahan semuanya. Warna sirip tersebut menolong ikan berkamuflase dengan tanaman di dalam air.

    Kisaran Harga Rp. 30.000 – 60.000

    Harga Ikan Botia

    Ikan botia oleh karena mempunyai beragam jenis, maka memiliki harga yang berbeda-beda pula. Ikan botia paling murah adalah ikan botia makranda, bersama harga 20 ribu rupiah per ekor.

    Sedangkan yang paling mahal yaitu ikan botia modesta blue dengan harga 50 ribu rupiah per ekor.

    Untuk ikan botia badut mempunyai harga 35 ribu rupiah, selagi ikan botia india punya harga kira-kira 28 ribu rupiah.

    Cara Budidaya Ikan Botia

    Supaya ikan dapat tumbuh dan berkembang alangkah baiknya simak tips tersebut ini untuk cara memelihara dan memelihara ikan botia :

    Mengatur tempat hidup ikan botia

    Ikan botia memiliki duri layaknya kumis yang fungsinya adalah untuk beroleh makanan di dalam air berlumpur. Ikan ini bakal bergemuruh ketika dirinya mulai terancam.

    Perlu Anda ketahui bahwa ikan botia punya kulit yang sensitif. Maka, air yang Anda mengfungsikan usahakan tidak tercampur zat-zat kimia dan jalankan perubahan air secara rutin, bahkan kecuali udah terasa nampak air menjadi keruh.

    Hal ini dikerjakan supaya ikan botia bisa tetap hidup tanpa diserang penyakit pada kulit mereka.

    Ternak Botia

    Ikan botia biasa hidup berkelompok. Penempatannya cukup didalam tangki akuarium berukuran 450 liter.

    Temperatur yang dibutuhkan kira-kira 24 sampai 27 derajat Celcius, bersama pH antara 6-6,5.

    Dalam akuarium, Anda sanggup mengimbuhkan kerikil kecil ataupun pasir.

    Pada area dasar akuarium, buatkan penutup untuk mereka istirahat. Anda mampu mengimbuhkan juga tanaman air, contohnya adalah Microsorum pteropus, Anubias sp., dan sebagainya.

    Mengelola air

    Ikan botia puas hidup didalam aerasi yang baik. Usahakan air mengalir dalam situasi lancar. Anda dapat jalankan penyiponan dikala umur ikan kira-kira 1 minggu untuk membersihkan kotoran yang terkandung terhadap air.

    Air sifon tersebut kemudian disaring agar ikan-ikan yang tetap kecil tidak ikut terbawa.

    Selanjutnya, penyiponan mampu ditunaikan kira-kira seminggu 2 kali untuk meraih mutu air yang baik. Air yang kotor diganti bersama air baru yang ada di dalam tandon.

    Mengelompokkan ikan botia

    Meskipun biasa hidup berkelompok, namun sebaiknya jangan campurkan ikan botia yang berukuran kecil bersama yang berukuran besar. Hal ini bisa memicu ikan botia merasa stress.

    Jika Anda hendak beri tambahan ikan botia bersama ikan lain, Anda dapat memberi tambahan model ikan swordtail, loach, dan ropefish. Minimal berjumlah 3 didalam satu akuarium.

    Membiakkan ikan botia

    Pemijahan ikan dijalankan ketika musim penghujan, yakni kurang lebih Desember sampai Februari. Sebelumnya, ikan akan bermigrasi menuju aliran anak sungai yang lebih kecil. Perjalanan ikan berikut lebih kurang September sampai Oktober.

    Namun, untuk membiakkan ikan botia di dalam akuarium cenderung sulit. Hal ini dikarenakan di dalam akuarium, ikan hidup didalam air tawar. Jika Anda hendak membiakkan ikan botia di dalam akuarium, maka dibutuhkan suntikan hormon.

    Makanan Ikan Botia (Pakan)

    Ikan botia terhadap awalnya dikenal sebagai ikan karnivora. Namun, ikan botia ternyata terhitung berkenan mengkonsumsi tanaman. Hal inilah yang sesudah itu mendasari sebagian orang berpendapat bahwa ikan botia adalah tipe ikan omnivora.

    Jika Anda membudidayakan ikan botia, Anda mampu berikan sejenis pelet halus yang berasal berasal dari ikan kering. Selain itu, ikan botia juga mampu diberi makan layaknya siput, cacing darah yang dibekukan, udang air asin, daging ikan yang dihaluskan, dan juga cacing tubifex.

    Untuk makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan, Anda mampu memberi mereka selada, mentimun, bayam, kacang polong yang telah direbus, dan tanaman hijau lainnya.

    Ada kemungkinan kecuali mereka lapar, tanaman air terhadap akuarium mungkin akan habis dimakan.

    ikan botia yang dibudidayakan didalam akuarium kemungkinan akan punya perkembangan yang sangat lambat dibanding dikala hidup didalam habitat asli mereka. Anda bisa mengoptimalkan pakan ikan sehingga ikan botia sanggup tumbuh menggapai 15 cm di dalam kurun saat satu tahun.

    Cara Jual Ikan Botia

    Ikan botia menjadi salah satu pilihan kolektor ikan hias yang menjadikan prospek ikan ini berpeluang besar. Warnanya menarik dan karakteristiknya sendiri termasuk sebabkan ikan ini digemari.

    Cara menjual ikan botia, Anda dapat memulainya dengan cara join bersama komunitas ikan hias. Cara ini akan lebih mudah dilaksanakan sebab sasarannya menuju langsung pada pengagum ikan hias.

    Anda mampu memakai internet untuk menjual ikan botia secara online, mulai dari sebabkan website, blog berkenaan ikan botia, menempatkan iklan pada forum jual membeli online ataupun fasilitas sosial.


    Demikian Info berkenaan ikan botia yang dapat disampaikan, Anda yang berminat untuk membudidayakan ikan botia dapat belajar dengan mendatangi para pembudidaya ikan botia yang sudah mempunyai pengalaman untuk beroleh informasi tambahan.

    Selain itu, mengikuti komunitas dan pelatihan juga akan memberi tambahan fungsi lebih lanjut bagi Anda yang hendak membudidayakan ikan botia.
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...