5 Ikan Hias Air Tawar Asli Indonesia

    Ikan Hias Air Tawar Asli Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara bersama dengan biodiversitas yang tinggi, juga di dalamnya adalah fauna akuatik. Terdapat lebih dari satu spesies ikan hias air tawar dari Indonesia yang dinilai eksotis dan miliki nilai jual yang tinggi.



    Ikan ini banyak diminati di pasar nasional maupun mancanegara, dikarenakan perihal tersebut para penghobi maupun lembaga khusus berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan-ikan ini.  Berikut ini adalah 5 tipe ikan hias air tawar berasal dari Indonesia yang eksotis dan banyak diminati oleh penghobi.




    Ikan Hias Air Tawar Eksotis Asli di Indonesia

     

    1. Arwana (Scleropages sp.)



    (Scleropages formosus)


    Arwana merupakan salah satu model ikan hias asli Indonesia yang iconic. Di Indonesia ikan bersama dengan julukan “dragon fish” ini terkandung 2 spesies yaitu Scleropages formosus di Kalimantan dan Scleropages jardinii di Papua. Kedua spesies ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip, perbedaanya terdapat terhadap warna tubuhnya.



    Arwana Asia (Scleropages formosus) punyai warna tubuh merah sampai keemasan, sedang arwana jardini berwarna perak kehitaman. Arwana juga ikan teritorial yang hidup secara soliter terhadap perairan yang berarus bersama suhu 24°C - 30°C. Ikan predator yang memangsa ikan kecil, serangga dan katak ini mampu tumbuh hingga 90 cm.



    Baca juga: Ikan Hias


    2. Ringau (Datnioides sp.)



    (Datnioides microlepis)


    Dikenal terhitung sebagai Tigerfish, ikan ini merupakan salah satu type ikan predator yang terkandung di lokasi Asia Tenggara meliputi Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Indonesia sampai Papua nugini.



    Datnioides microlepis merupakan spesies yang berasal berasal dari Indonesia, tepatnya di wilayah Sumatera serta Kalimantan. Ikan ini hidup di perairan dengan suhu pada 22°C - 26°C. Tubuh ikan ini memipih secara vertikal dan berwarna kuning dengan garis-garis hitam. Ikan ini dapat tumbuh hingga 45 cm. 





    3. Ikan Rainbow

      

    (Melanotaenia boesmani)


    Beberapa spesies ikan rainbow merupakan ikan hias asli Indonesia anggota timur, tepatnya berhabitat di perairan Sulawesi dan Papua. Ikan ini punyai bentuk tubuh pipih secara vertikal bersama variasi warna yang beragam, tergantung terhadap spesiesnya.



    Melanotaenia parva dan Melanotaenia boesmani merupakan semisal spesies ikan rainbow yang berada di Indonesia. Ukuran maksimal dari ikan ini berkisar pada 7-10 cm, gara-gara ukurannya yang kecil dan warnanya yang menarik, ikan rainbow umumnya digunakan untuk mengisi akuaskap. 





    4. Ikan Botia



    (Chromobotia macracanthus)


    Botia merupakan salah satu ikan hias endemik Indonesia yang dapat dijumpai di lokasi Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini hidup secara bergerombol atau schooling fish di perairan dengan suhu 25°C - 30°C.



    Tubuh ikan botia berwarna oranye bersama dengan garis vertikal berwarna hitam, ikan ini mempunyai pertahanan diri bersifat duri yang berada di bawah mata mereka. Duri ini cuma dapat keluar saat botia menjadi terancam. Ukuran maksimal dari ikan botia berkisar antara 20-30 cm.





    5. Ikan Gabus (Channa sp.)



    (Channa marulioides)


    Di Indonesia sendiri terkandung beberapa spesies ikan Channa, Channa micropeltes dan Channa marulioides merupakan dua spesies yang paling terkenal. Ikan Channa tersebar di bagian barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan.



    Ikan ini punyai warna dan ukuran maksimal yang banyak variasi terkait berasal dari spesiesnya. Channa merupakan ikan teritorial yang hidup menyendiri di perairan yang tenang bersuhu 26°C - 30°C. Ikan ini akan memangsa ikan kecil, serangga, katak sampai kadal kecil. 
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...