13 Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan Hias Air Tawar Adalah – Akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang puas untuk pelihara ikan hias terlebih ikan hias air tawar, terasa dari ikan hias yang berukuran kecil hingga ikan hias yang berukuran besar. Bagi beberapa orang memelihara ikan hias udah dijadikan sebuah hobi untuk isikan saat kosong di rumah, apakah anda juga orang itu?

    Ikan hias yang dipelihara untuk dijadikan sebuah hobi akan menyebabkan seseorang yang memeliharanya jadi bahagia, gara-gara merasa ada yang menemaninya di pas kala senggang. Kesenangan inilah yang dicari oleh para pehobi ikan hias bahkan ikan hias yang dipelihara merupakan ikan berasal dari pertolongan orang lain.

    Di segi lain, ada yang beranggapan bahwa banyaknya peminat yang menghendaki ikan hias air tawar merupakan sebuah peluang bisnis, maka tak sedikit orang yang mengakses atau meneruskan bisnis ikan hias. Dengan kata lain, budiday ikan hias sudah dijalankan oleh banyak orang. Bahkan, beberapa ikan hias yang dibudidaya ada yang dijual ke luar negeri.

    Sebelum laksanakan perawatan pada ikan hias, sebaiknya kami wajib mengengal jenis-jenis ikan hias terutama dahulu, sebab tiap tiap type ikan hias miliki karakteristik yang berbeda-beda.

    Banyaknya style ikan hias air tawar pastinya bakal sebabkan kamu bingung untuk memilih ikan air tawar yang bakal dijadikan hewan peliharaan. Jangan kahawatir, artikel ini dapat mengupas jenis-jenis ikan hias air tawar yang amat cocok dan ringan untuk dijadikan hewan peliharaan. Jadi, selamat membaca dan baca artikel ini sampai habis ya.

    1. Ikan Arwana


    Jenis ikan hias air tawar

    Jika anda benar-benar senang bersama ikan hias yang berukuran besar, maka ikan warna sangat tepat untuk kamu jadikan hewan peliharaan. Ikan ini berasal berasal dari Brasil dan Indonesia. Ikan arwana yang berasal dari Brasil punyai nama ilmiah Osteoglossum sp.

    Ikan arwana Brasil punya wujud pipih yang memanjang ke samping dan bentuk tubuhnya meruncing ke arah ekor. Kemudian, sirip ekor keluar sempit gara-gara bagian sirip punggung dan sirip perut ikut memanjang ke arah ekor. Mayoritas berasal dari ikan arwana Brasil berwarna putih perak atau hitam walau kadang-kadang lapisan antarsisik tidak begitu jelas.

    Jika arwana dari Brasil punya satu jenis, maka lain halnya bersama ikan arwana yang berasal berasal dari Indonesia yang punya dua jenis, yakni Sclerophagus formisus dan Sclerophagus jardini. Ikan arwana dengan tipe Sclerophagus formisus asalnya berasal dari pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Sementara itu ikan arwana dengan model Sclerophagus jardini asalnya berasal dari pulau Irian.

    Bentuk dari kedua jenis arwana berikut serupa dan sedikit tebal, tetapi wujud tubuhnya tidak meruncing ke arah ekor. Sirip punggung dan sirip perut bisa dibilang tidak begitu besar Antar sisiknya sangat paham dan ukuran setiap sisiknya benar-benar besar.

    Ikan arwana, baik yang berasal berasal dari Brasil atau Indonesia sama-sama membawa sisik yang mengkilat dan jadi salah ciri khas berasal dari ikan arwana. Namun, sisik arwana sangat rentan terkena penyakit atau virus.

    Ikan arwana termasuk model ikan yang benar-benar agresif dan gesit. Apabila ikan arwana tengah stres, maka ia akan menabrakan dirinya ke tembok akuarium atau meloncat-loncat. Oleh karena itu, agar ikan arwana tidak stres kami mesti berhati-hati disaat udah mengambil keputusan untuk merawatnya. Bahkan, kecuali menginginkan memelihara ikan arwana di akuarium sangat disarankan untuk menambahkan penutup akuarium agar ikan tidak loncat keluar.


    2. Ikan Cupang


    Jenis ikan hias air tawar

    Siapa yang tidak mengenal ikan cupang. Bahkan, anak SD saja telah menyadari ikan cupang dan tersedia beberapa yang memeliharanya. Ukuran ikan ini amat kecil, supaya amat ringan untuk dipelihara, baik itu di dalam akuarium atau hanya di dalam toples saja.

    Sudah bukan hal asing ulang jikalau ikan cupang ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu ikan cupang bersirip pendek dan ikan cupang bersirip panjang. Ikan cupang bersirip pendek bisa dikatakan sebagai ikan cupang aduan. Sedangkan ikan cupang yang bersirip pendek bisa dikatakan sebagai ikan cupang hias. Kamu pelihara ikan cupang sirip pendek atau sirip panjang?

    Meskipun sama-sama punya sirip yang sama-sama bervariasi, namun sirip ikan cupang hias lebih indah untuk dilihat. Berbagai macam sirip yang indah merupakan hasil inovasi dan kreativitas para peternak. Dari kawin silang itu menghasilkan anakan yang punyai sirip dan warnanya lebih indah dan khas.

    Banyaknya peminat pada ikan cupang, maka ada perlombaan ikan cupang yang di mana penilaiannya berasal dari kesehatan, kelincahan, dan badannya yang benar-benar indah, sisik, dan sirip yang mengembang Semakin panjang sirip yang mengembang, maka nilai yang didapatkan dapat makin banyak.

    Ikan cupang juga model ikan yang benar-benar agresif dan benar-benar puas untuk berkelahi. Maka dari itu, amat tidak disarankan pelihara ikan cupang di dalam satu area yang sama. Selain itu, jikalau pelihara ikan cupang gunakan toples, sebaiknya jarak pada toples diberi penyekat atau pembatas kertas agar ikan cupang tidak saling melihat.

    3. Ikan Discus


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan discus atau the king of aquarium banyak sekali pehobi yang ikan hias yang merawatnya, agar harga ikan ini melambung tinggi. Bahkan, saking banyaknya yang memelihara ikan ini, maka ada perlombaan khusus ikan discus.

    Kreativitas dan inovasi dari peternak ikan discus membuahkan anakan yang amat unik dan khas atau dapat dikatakan warna dan corak anakan dari ikan ini lebih bagus dari indukannya. Ikan discus yang ada di pasaran umumnya berwarna putih, kuning, merah, dan cokelat. Sedangkan coraknya, tersedia yang bercorak bulat-bulat, garis lurus, dan garis acak.

    Jika kamu inginkan tahu apakah ikan discus sedang sehat atau tidak, maka anda sanggup menyaksikan sisiknya mulus atau tidak, siripnya mengembang atau tidak, dan ikan muncul lemas atau tidak. Biasanya, ikan discus yang mengalami rusaknya terhadap siripnya sebab di serang penyakit fin rot.

    Bagi anda yang idamkan memelihara ikan discus, sebaiknya selamanya memerhatikan situasi siripnya apakah masih didalam suasana bagus atau tidak. Sirip yang telah rusak akan diakui cacat, supaya harga ikan discus menjadi turun.


    4. Ikan Guppy


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan guppy berasal berasal dari Amerika Serikat, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Ikan ini mempunyai nama lain yaitu ikan seribu gara-gara populasinya yang sangat banyak, bahkan nyaris di semua dunia ada tipe ikan ini.

    Bagi kamu yang amat suka terhadap ikan-ikan yang berukuran kecil, maka ikan guppy terlampau direkomendasikan. Selain tubuhnya yang kecil, ikan ini terhitung mempunyai berbagai macam variasi warna. Banyaknya warna pada ikan ini disebabkan gara-gara adanya perkawinan silang yang dijalankan oleh manusia.

    Bentuk tubuh ikan ini amat langsing atau ramping, sirip punggung yang tipis, dan sirip ekor yang melebar. Sirip yang melebar ini akan terlihat seperti bendera yang berkibar ketika ikan ini bergerak.

    Jika anda inginkan merawatnya benar-benar mudah, sebab tidak memerlukan alat-alat khusus. Hal paling penting disaat memelihara ikan ini adalah kebersihan dari akuarium dan perlindungan makan yang teratur.


    5. Ikan Lohan


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan louhan merupakan jenis ikan hias yang sempat kondang pada th. 2001-2002. Namun, tren ikan hias yang tetap berubah-ubah membuat pehobi ikan hias lohan makin lama menyusut walau tetap ada segelintir orang yang memeliharanya.

    Warna dominan ikan lohan terhadap umumnya berwarna merah, putih, hitam, dan kadang-kadang ada yang miliki variasi warna di sisiknya. Selain itu, ikan lohan mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya yakni adanya “nongnong” di kepalanya.

    Ikan ini terhitung model ikan yang tidak dapat dicampurkan bersama dengan ikan lainnya, gara-gara dapat bertengkar. Oleh karena itu, didalam melakukan perawatannya, ikan ini bakal diberikan satu akuarium sendiri. Hal yang mesti diperhatikan lainnya, yakni suhu 24-27 derajat celcius, kesadahan 10-12 derajat, dan pH 7-7,5.


    6. Ikan Mas Koki


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan mas koki ini serupa bersama ikan koi yang di mana sudah sejak lama jadi hewan peliharaan. Ikan ini berasal dari Cina bersama dengan bentuk badan yang benar-benar lucu dan menggemaskan.

    Pada umur muda, warna ikan ini biasanya hanya satu warna yakni berwarna abu-abu, lantas kala dewasa warna ikan dapat beralih menjadi warna-warni. Warna-warna yang ada pada ikan mas koki, seperti kuning, merah, putih, hitam, dan bermacam macam paduan warna.

    Ikan koi yang tersedia jambulnya dan berekor pendek bersama dengan warna yang begitu banyak ragam merupakan tipe ikan mas koki yang amat disukai oleh para pehobi ikan hias. Sedangkan ikan mas koki yang punya harga paling mahal adalah ikan mas koki mata balon.


    7. Ikan Koi


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan koi termasuk tipe ikan yang udah dipelihara sudah sejak lama. Ikan koi terlalu digemari oleh para pehobi ikan hias hingga ke luar negeri. Ikan koi awal mulanya berasal berasal dari Cina dan kemudian berkembang pesat di Jepang sejak 200 th. yang lalu sampai sekarang. Kamu sanggup mengetahui umur ikan koi bersama dengan cara mengkalkulasi jumlah lingkaran yang ada di sisiknya.

    Ikan koi mempunyai wujud badan silindris memanjang serta sisiknya terdiri dari beragam macam warna. Oleh gara-gara itu, sangat direkomendasi untuk lihat ikan koi dari atas sebab kami bakal melihat keindahan sisik-sisiknya yang berwarna-warni. Jadi, alangkah baiknya ketika memelihara ikan koi di kolam yang luas, sehingga kita bakal ringan untuk lihat keindahannya.


    8. Ikan Platty


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan platty adalah style ikan yang berasal berasal dari Amerika Selatan. Varietas-varietas ikan platty lumayan banyak, layaknya sunset, hawaii, red coral, black tail, simson, dan platty cagak. Ikan platty yang banyak di pasaran adalah ikan platty cagak.

    Kebanyak pehobi ikan hias bakal pelihara ikan platty di kolam semen yang terbuka dengan kepadatan yang cukup tinggi. Namun, terkecuali dipelihara di kolam terbuka, ikan ini akan menjadi mangsa atau diganggu oleh larva capung, kutu argulus kecil, dan lernaea. Semua masalah berasal dari hama berikut mampu menyebabkan situasi ikan jadi menurun, agar kualitas ikan bakal menurun juga.

    Jika anda ingin pelihara ikan platty, sebaiknya kolam ikan diberikan obat pencegah hama, layaknya larutan PK, larutan abate, dan perendaman ikan ke didalam air garam.


    9. Ikan Manfish


    Ikan Hias Air Tawar Adalah


    Ikan manfish mampu dikatakan sebagai ikan hias yang miliki tampilan fisik yang khas dari ikan-ikan hias terhadap umumnya. Anggun, lembut, bentuknya yang serupa seperti anak panah dan cantik adalah ciri fisik yang dimiliki oleh ikan manfish, agar ikan ini kerap disebut sebagai queen of aquarium.

    Saat ini, ikan manfish yang sangat digemari oleh pehobi ikan hias adalah ikan manfish bersama setengah badan berwarna hitam ke arah bagian belakang dan 1/2 badan lagi berwarna putih ke arah anggota depan.

    Cara memelihara ikan type ini dapat dibilang benar-benar mudah, cuma saja kami wajib mengikuti sirip ikan manfish sehingga tidak patah. Jika sirip ini patah terhadap umur muda, maka sanggup diperbaiki, namun terkecuali telah berusia tua, sirip dapat sulit untuk diperbaiki.


    10. Ikan Botia


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan botia atau ikan yang amat kondang di kalangan pehobi ikan hias, baik di didalam negeri atau di luar negeri. Ikan botia adalah ikan asli berasal dari Indonesia yang berasal berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan. Masih benar-benar sedikit yang membudidayakan ikan tipe ini karena tersedia larangan berasal dari pemerintah mengenai melarang untuk memperjualbelikan ikan ini lebih dari 15 cm.

    Dengan kata lain, ikan botia ini tetap diambil alih dari habitat aslinya. Jika hal seperti ini dibiarkan secara tetap menerus, maka kemungkinan besar ikan botia bakal habis atau populasi ikan ini dapat rusak.

    Ikan botia punya warna sisik belang-belang kuning hitam. Sementara itu, siripnya mempunyai warna merah hingga orange. Ikan botia tidak begitu suka terkena sinar matahari. Selain itu, Ikan jenis ini bisa dibilang merupakan ikan yang mudah untuk terkejut. Jika ikan ini terkejut, maka bakal melompat-lompat, supaya saat pelihara ikan ini, akuarium diberi penutup.


    11. Ikan Barb Sumatera


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Dari namanya saja kita udah mengetahui bahwa ikan barb ini berasal berasal dari sungai-sungai di area Sumatera. Bahkan, tak sedikit orang yang menyebutnya bersama sebutan “ikan Sumatera”. Ukuran ikan kecil terlampau kecil atau lebih tepatnya berukuran 5 cm.

    Meskipun ikan ini berukuran kecil, namun kelincahan dari ikan ini jangan diragukan lagi. Oleh dikarenakan itu, ikan ini sangat sesuai untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di akuarium khususnya bagi kamu yang puas dengan ikan hias kecil.

    Ikan ini bertahan hidup bersama dengan cara berenang melayang di sedang perairan. Jika dikategorikan berdasarkan warnanya, ikan jenis ini terbagi jadi tiga warna, yakni kuning kecokelatan bersama dengan garis hitam (ikan barb asli Sumatera), warna hijau (green tiger), dan warna putih (albino). Dari ketiga jenis itu yang paling mahal adalah green tiger.

    Ikan barb Sumatera green tiger jika dibudidayakan sangat susah gara-gara tingkat kesuksesan agar anakan sama bersama dengan induknya sangat kecil. Biasanya perihal ini berlangsung gara-gara pH air tidak cocok bersama habitat aslinya.

    Dalam merawat ikan jenis ini di akuarium, sebaiknya diberikan tanaman air agar ikan jadi betah untuk hidup di akuarium. Selain itu, kondisi pH air wajib diperhatikan juga. Jadi, anda tertarik memelihara ikan ini?


    12. Ikan Black Ghost


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan black ghost juga ke dalam salah satu ikan hias yang bentuk dan ukurannya amat khas dan unik. Maka berasal dari itu, ikan ini sanggup dibilang sebagai ikan yang cukup populer, mengapa kondang dan unik? Karena nyaris seluruh badan ikan ini berwarna hitam polos dan hanya sedikit warna putih di bagian ekor dan kepalanya saja.

    Berkat warna polos dan pekat yang ada di nyaris seluruh tubuh ikan ini menjadikan ikan ini dijuluki black ghost. Ikan ini punyai perut yang memanjang dan jari-jari siripnya sangat halus agar bisa menyatu bersama dengan badan.

    Meskipun punya sirip-sirip yang amat panjang, tetapi ikan ini tidak miliki sirip punggung. Ketika bergerak ikan black ghost sangat unik sebab siripnya akan bergerak layaknya bendera yang tengah berkibar.

    Hampir tiap-tiap orang yang mencari ikan ini mendambakan warna warna kulit hitam yang amat pekat dan polos. Ikan yang terkenal bersama dengan warna kulitnya yang hitam ini terlampau bahagia bersembunyi di celah-celah lubang. Maka dari itu, kala anda inginkan memelihara ikan black ghost, sebaiknya memanfaatkan bebatuan yang berlubang supaya ikan ini mampu bersembunyi.

    13. Ikan Oscar


    Ikan Hias Air Tawar Adalah

    Ikan hias oscar telah memadai kondang di kalang pehobi ikan hias. Ikan ini berasal dari Amerika Serikat bersama bentuk tubuh pipih ke samping dan sirip punggung yang lebar sampai hampir memenuhi bagan punggung.

    Ikan oscar berdasarkan siripnya dibagi jadi dua jenis, yakni oscar yang bersama dengan sirip yang panjang dan oscar bersama dengan sirip yang pendek. Hal yang jadi daya tarik bagi para pehobi ikan hias adalah anggota badannya yang mempunyai corak batik atau seperti bercak-bercak. Sedangkan ikan oscar berdasarkan warnanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu oscar cokelat dan oscar putih (albino).

    Ikan ini terkenal terlalu agresif, galak, dan ganas khususnya dikala dirinya jadi terancam. Oleh gara-gara itu, ketika anda tengah menambahkan pakan, sebaiknya berhati-hati dan jangan benar-benar dekat.
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...