28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah - Saat pandemi ini, pelihara ikan hias cupang sepertinya tengah jadi tren di tengah penduduk di Indonesia. Alasannya, karena ikan cupang dinilai mudah dipelihara,  bentuk dan warna yang cantik, supaya mampu jadi bisnis yang menguntungkan pula.

    Tapi menyadari nggak sih, tetap ada banyak type ikan hias yang bisa anda pelihara tak hanya ikan cupang. Ikan-ikan hias air tawar ini terhitung mudah dipelihara dan tentu saja nggak kalah cantik! 

    Penasaran ada apa saja? Simak 28 model ikan hias air tawar bagus dan murah yang enteng dipelihara di rumah mari simak di bawah ini, yuk! 

    1. Ikan Manfish (Mulai dari Rp2.500)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Jenis ikan hias air tawar terindah yang satu ini tekenal karena bentuknya yang unik dan cantik. Ya, ikan manfish punyai bentuk yang pipih, tipis, dan mempunyai ukuran sirip yang panjang. Sangking cantiknya, ikan ini sering dianggap sebagai ikan hias dari laut, padahal ia adalah ikan air tawar yang harganya murah, lho! 

    Keuntungan pelihara ikan manfish adalah dikarenakan karakter mudah beradaptasi. Sehingga, ikan manfish dapat aman-aman saja terkecuali kamu gabung dengan ikan lainnya yang berukuran sama besar dalam satu akuarium.

    2. Ikan Cupang (Mulai dari Rp2.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ini dia ikan hias air tawar yang sedang kondang selagi ini, Ikan Cupang!  

    Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang dapat kamu temukan bersama harga menjadi berasal dari ribuan rupiah saja. Ikan ini banyak dilirik dikarenakan memiliki warna dan bentuk sirip serta ekor yang sangat cantik. Sayangnya, ikan ini miliki pembawaan agresif yang membuatnya tidak cukup aman terkecuali digabung di dalam satu wadah bersama ikan lain. 


    3. Ikan Guppy (Mulai berasal dari Rp6.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan satu ini benar-benar punyai ukuran yang mini, yakni hanya kurang lebih 4-5 cm untuk yang betina dan apalagi bisa berukuran lebih kecil untuk yang jantan. Meski begitu, ikan guppy tetap mempunyai beraneka warna indah yang membuatnya cantik untuk dijadikan ikan hias didalam akuarium. 

    4. Ikan Molly (Mulai dari Rp3.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Kalau kamu senang jenis ikan hias air tawar bersama dengan ukuran kecil, maka kamu sanggup pilih ikan mini yang satu ini!  

    Ya, ikan molly adalah ikan berukuran kecil yang punyai perut menggembung dan warna pekat yang cantik. Merawat ikan molly terhitung tidak butuh banyak tempat, dikarenakan ikan berbentuk omnivora ini dapat kamu menempatkan di dalam satu akuarium bersama dengan ikan besar lainnya. Untuk pakannya, kamu dapat memberinya cacing rambut, pelet, hingga cacing beku. 

    5. Ikan Lemon (Mulai dari Rp2.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Sama sepeti namanya, ikan lemon memang miliki warna kuning cerah dan menyegarkan layaknya lemon. Namun, ikan lemon termasuk tersedia yang punya warna biru, lho! 

    Selain miliki warna yang eye-catching, garis hitam dan kuning atau biru terhadap siripnya makin membawa dampak tampilannya cantik dan menarik. Untuk merawatnya, disarankan untuk memeliharanya di akuarium berukuran sedang yang beri beraneka bebantuan atau pun hiasan akuarium lainnya. Tujuannya, supaya ikan lemon ini tidak stres, Bela.  

    6. Ikan Black Ghost (Mulai berasal dari Rp5.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan yang juga disebut black panthom ini ikut populer di tengah pencinta ikan hias air tawar di Indonesia. Ikan ini berasal berasal dari perairan amazon dan juga suriname. Ikan ini diberi nama black ghost dikarenakan mempunyai wujud yang pipih bersama sirip panjang hitam dan corak putih.  

    Soal makanan, ikan ini nggak ribet, kok! Kamu dapat memberinya jentik nyamuk, pelet ikan, dan serangga air kecil lainnya.  

    7. Ikan Discus (Mulai berasal dari Rp5.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan Hias Tercantik Sama seperti ikan black ghost, ikan bersama dengan corak warna yang unik dan bercahaya ini juga berasal dari perairan Amazon, lho! 

    Meski harganya tidak semurah ikan-ikan di atas, namun kecantikan ikan ini benar-benar worth it bersama harganya.

    Untuk pakannya, usahan untuk belanja pakan ikan yang dapat tenggelam ke basic akuarium layaknya makanan beku atau jantung sapi agar dapat mempercantik warnanya. Hal ini sebab ikan discus tidak menyukai pakan yang mengapung, Bela.  

    8. Ikan Platy (Mulai dari Rp2.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Daya tarik ikan satu ini ada terhadap bentuk mulutnya yang lucu dan warnanya yang pekat dan cerah. Ikan ini juga termasuk punyai tubuh yang besar dibanding ikan-ikan hias di atas. Jenis ikan hias ini juga tersedia banyak, merasa berasal dari ikan platy simpson, platy pedang, ikan platy gold magtail, ikan platy red ballon hiffin, sampai ikan platy micky mouse. 

    9. Ikan Mas Koki (Mulai dari Rp30.000)


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Kalau model ikan hias yang satu ini tentu sudah kondang di telinga orang Indonesia, ya.

    Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias tercantik yang mempunyai wujud perut menggembung dan warna oranye dan kuning yang cerah. Ikan ini banyak dipelihara dikarenakan banyak diyakini bisa membawa keberuntungan.  Jenis ikan mas oranda dan ikan mas rescape adalah type ikan mas koki dengan corak menarik yang bisa anda pilih. 

    Ikan ini sebetulnya punyai harga yang mahal jika udah berukuran besar. Namun, anda mampu menyiasatinya bersama dengan membeli ikan mas koki yang tetap kecil. Karena, harga mas koki yang masih kecil dapat jauh lebih murah. 

    10. Ikan Tetra


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan Tetra punyai banyak tipe dan termasuk ikan hias air tawar berukuran kecil. Perbedaan jenis-jenis ikan tetra ini mampu dilihat berasal dari warnanya. Ikan hias air tawar satu ini paling cantik kalau dipelihara dalam kuantitas yang banyak sebab sifatnya yang berkoloni.

    Nggak cuma mudah dipelihara, harga ikan Tetra juga relatif murah. Namun, untuk type yang ikan hias air tawar langka, harga ikan hias ini mampu menggapai jutaan untuk satu ekornya.

    11. Ikan Oscar


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Untuk Toppers yang menginginkan ikan hias yang garang, Ikan oscar sanggup menjadi pilihan tepat. Bentuk fisik oskar nampak layaknya ikan nila, tetapi dengan warna dan paduan warna sisik yang lebih variatif.

    Ikan ini termasuk karnivora dan agresif sehingga ada baiknya jangan mencampur ikan oscar bersama ikan hias lainnya, ya!

    12. Ikan Komet


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Memiliki nama latin Carassius auratus, ikan komet termasuk ikan hias air tawar yang banyak digemari. Selain sebab perawatan dan kekuatan tahan yang baik, sifatnya yang jinak membawa dampak ikan komet sanggup menjadi kawan dekat yang baik bagi ikan hias lainnya di dalam aquarium ikan hias air tawar terindah.

    Keindahan dari ikan hias air tawar satu ini adalah kombinasi warna yang dimilikinya terlalu begitu banyak ragam mulai berasal dari merah, putih, kuning, hitam bersama dengan pola-pola abstrak yang cantik.

    13. Ikan Bala


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan Bala kadangkala disebut juga ikan hiu bala dikarenakan bentuknya yang sekilas menyerupai ikan hiu. Tapi, Toppers nggak mesti khawatir gara-gara ikan hias ini nggak sebuas ikan hiu dan termasuk hidup di air tawar.

    Ikan hias air tawar ini mempunyai sisik dan sirip metalik yang kontras dengan warna hitam dan putih supaya sangat cantik kala berada di dalam akuarium-mu. Di habitat aslinya, ikan ini mampu tumbuh hingga 35 cm, lho.

    14. Ikan Zebra


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Rekomendasi ikan hias air tawar yang enteng dipelihara seterusnya adalah ikan zebra. Ikan yang satu ini punyai tubuh yang kecil bersama pola yang cantik. Ikan bendera air tawar bersama pola garis-garis seperti zebra ini merupakan omnivora atau mampu memakan apapun.

    Kamu mampu memberi tambahan pelet atau makanan beku udang air asin. Saking mudah untuk dipelihara, ikan ini terhitung enteng untuk bertelur, lho!

    15. Ikan Koi


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan yang berasal dari Jepang ini dulu sempat begitu mahal harganyakarena ikan ini diakui membawa keberuntungan dan juga tingginya permintaan.

    Kolam-kolam ikan hias di muka publik seperti di hotel dan restoran biasanya menjadikan ikan kecil air tawar warna-warni ini sebagai salah satu penghuninya.

    Kini, ikan koi termurah dapat didapatkan mulai dari Rp15 ribu dan yang termahal konon ada yang mencapai 2,8 miliar rupiah.

    16. Ikan Neon Tetra


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan hias air tawar yang bisa dicampur berbentuk kecil warna warni ini termasuk dulu sempat dijual bersama harga mahal, tapi kini juga ikan hias cantik tetapi murah.

    Corak ikan neon tetra amat unik dengan perut berwarna perak dan sisik biru menyala dihiasi warna hijau dan merah menyala.

    Tergantung jenisnya, kini ikan hias neon tetra bisa didapatkan merasa dari Rp1.500 saja.

    17. Ikan Louhan


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan louhan adalah ikan hias terindah air tawar yang sempat kondang di tahun 2001 sampai 2002. Tren ikan hias sebetulnya konsisten beralih dan membawa dampak para penduduk yang hobi pelihara ikan louhan makin berkurang. Walaupun begitu, masih tersedia orang yang memelihara ikan hias ini.

    Ikan louhan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya, yakni terdapatnya jendolan di anggota kepala ikan. Ikan hias air tawar satu ini adalah jenis ikan yang tidak bisa dicampurkan bersama dengan ikan lainnya sebab sanggup bertengkar.

    18. Ikan Sapu-Sapu

    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan sapu-sapu atau yang disebut ikan plecostomus adalah ikan hias air tawar yang tidak enteng mati dan termasuk unik. Ikan hias ini mempunyai pelat lapis baja yang berat di tubuhnya dan mulut yang berwujud penghisap yang berfaedah untuk memakan alga di kurang lebih akuarium.

    Karena itu, ikan ini disebut sebagai ikan sapu-sapu gara-gara diakui sanggup membersihkan akuarium. Uniknya, ikan ini sanggup hidup selama 20 tahun apalagi lebih kecuali dirawat bersama benar. Namun, perkembangbiakan ikan ini mampu dikatakan sulit.

    19. Ikan Angel Fish


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Angel fish adalah bagian keluarga dari ikan cichlid termahal yang terhitung juga ke di dalam ikan discus, oscar dan parrot. Ikan ini disarankan untuk jadi ikan peliharaan dikarenakan tidak enteng mati. Ikan kecil ini punyai tubuh hingga panjang 6 inci dan tinggi 8 inci bersama dengan bermacam warna dan pola.

    Ketika dewasa, ikan angel fish bisa sangat agresif lebih-lebih kalau tangki akuarium Anda penuh. Tetapi secara umum, ikan hias ini merupakan ikan komunitas yang baik. Disarankan untuk tidak pelihara ikan yang terlalu kecil atau spesies penggigit sirip sejalan dengan angel fish sebab mampu menyebabkan kerusakan siripnya.

    20. Ikan Barb Sumatra


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Sesuai dengan namanya, ikan hias satu ini berasal dari sungai-sungai yang ada di daerah Sumatera. Banyak terhitung yang menyebutnya bersama dengan nama ikan Sumatra. Ukuran ikan ini benar-benar kecil, kira-kira 5 cm. Namun, ikan hias kecil air tawar ini memadai lincah dan sesuai untuk dipelihara.

    Dari segi warna, ikan ini terbagi jadi tiga warna, yaitu kuning kecoklatan bersama dengan garis hitam disebut ikan barb asli Sumatera, warna hijau disebut green tiger dan warna putih bersama sebutan albino. Dari ketiga jenis tersebut, ikan green tiger punya harga paling tinggi.

    21.Ikan Botia


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Terakhir ada ikan botia yang benar-benar kondang di kalangan penduduk yang hobi pelihara ikan hias di Indonesia baik di luar negeri. Ikan hias yang merupakan spesies asli dari Indonesia yang berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan.

    Budidaya ikan ini tetap terlampau sedikit sebab ada larangan berasal dari pemerintah yang melarang untuk memperjualbelikan ikan botia lebih dari 15 cm. Sehingga ikan botia ini masih disita berasal dari habitat aslinya.

    Jika konsisten dibiarkan, populasi ikan ini kemungkinan dapat rusak dan habis. Ikan botia miliki warna sisik belang berwarna kuning hitam bersama dengan sirip merah agak oranye. Ikan ini tidak bahagia terkena cahaya matahari dan gampang terkejut.

    22. Ikan Arwana


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Jika kamu benar-benar bahagia dengan ikan hias air tawar termahal 2020 yang berukuran besar, maka ikan warna benar-benar tepat untuk kamu jadikan hewan peliharaan. Ikan ini berasal berasal dari Brasil dan Indonesia. Ikan arwana yang berasal berasal dari Brasil punyai nama ilmiah Osteoglossum sp.

    Ikan arwana Brasil punyai wujud pipih yang memanjang ke samping dan wujud tubuhnya meruncing ke arah ekor. Kemudian, sirip ekor terlihat sempit sebab anggota sirip punggung dan sirip perut turut memanjang ke arah ekor. Mayoritas dari ikan arwana Brasil berwarna putih perak atau hitam meskipun sering kadang susunan antarsisik tidak begitu jelas.

    Jika arwana dari Brasil memiliki satu jenis, maka lain halnya bersama dengan ikan arwana yang berasal dari Indonesia yang miliki dua jenis, yaitu Sclerophagus formisus dan Sclerophagus jardini. Ikan arwana bersama dengan tipe Sclerophagus formisus asalnya berasal dari pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Sementara itu ikan arwana bersama type Sclerophagus jardini asalnya berasal dari pulau Irian.

    Bentuk dari kedua model arwana selanjutnya serupa dan sedikit tebal, tetapi wujud tubuhnya tidak meruncing ke arah ekor. Sirip punggung dan sirip perut sanggup dibilang tidak begitu besar Antar sisiknya sangat menyadari dan ukuran setiap sisiknya sangat besar.

    Ikan arwana, baik yang berasal berasal dari Brasil atau Indonesia sama-sama membawa sisik yang mengkilat dan jadi salah ciri khas dari ikan arwana. Namun, sisik arwana amat rentan terkena penyakit atau virus.

    Ikan arwana termasuk style ikan yang terlampau agresif dan gesit. Apabila ikan arwana sedang stres, maka ia bakal menabrakan dirinya ke tembok akuarium atau meloncat-loncat. Oleh sebab itu, sehingga ikan arwana tidak stres kita perlu waspada dikala sudah mengambil keputusan untuk merawatnya. Bahkan, jika menginginkan merawat ikan arwana di akuarium terlalu direkomendasi untuk beri tambahan penutup akuarium sehingga ikan tidak loncat keluar.

    23. Ikan Platty


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan platty adalah style ikan hias lucu dan murah yang berasal berasal dari Amerika Selatan. Varietas-varietas ikan platty cukup banyak, layaknya sunset, hawaii, red coral, black tail, simson, dan platty cagak. Ikan platty yang banyak di pasaran adalah ikan platty cagak.

    Kebanyak pehobi ikan hias akan pelihara ikan platty di kolam semen yang terbuka bersama dengan kepadatan yang lumayan tinggi. Namun, jika dipelihara di kolam terbuka, ikan ini akan menjadi mangsa atau diganggu oleh larva capung, kutu argulus kecil, dan lernaea. Semua problem berasal dari hama selanjutnya sanggup mengakibatkan kondisi ikan makin lama menurun, sehingga kualitas ikan akan mengalami penurunan juga.

    Jika kamu mengidamkan pelihara ikan platty, sebaiknya kolam ikan diberikan obat pencegah hama, layaknya larutan PK, larutan abate, dan perendaman ikan ke didalam air garam.

    24. Ikan Rainbowfish


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan Rainbowfish berasal berasal dari Asia Tenggara dan Australia. Mereka tergolong ke dalam ikan aquascape yang bisa dicampur serta jinak dan dapat tumbuh sampai 6 inci. Perlu anda ketahui bahwa ikan ini baru bisa miliki warna tubuh andaikata udah memasuki usia dewasa. Akan tetapi, bila diberikan perawatan yang benar, maka bersama hanya menunggu sebagian tahun saja, ikan ini telah mampu miliki warna yang cantik dan cerah.

    25. Ikan Corydoras


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan corydoras juga kerap disebut dengan arti ikan tikus dikarenakan langkah ikan hias ini berenang layaknya hewan tikus berlari, yaitu terlampau cepat. Jika Grameds memastikan untuk memeliharanya, maka perlu mengakibatkan situasi aquarium yang sama juga bersama dengan habitat aslinya, yaitu di Sungai Amazon. 

    Ikan Corydoras lebih kerap berenang di basic aquarium, khususnya terkecuali permukaan atau basic aquarium adalah pasir. Bentuk yang unik sesuai jadi ikan hias aquarium tercantik dan ikan ini terhitung suka memakan kotoran dan makanan sisa ikan lainnya.

    26. Ikan Swordtail


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan swordtail adalah ikan lucu air tawar yang punya bentuk tubuh yang ujungnya runcing layaknya pedang. Itulah sebabnya ikan hias ini juga disebut sebagai ikan pedang. Perlu Grameds ketahui bahwa anggota runcing layaknya pedang selanjutnya cuma ada pada ikan Swordtail jantan saja.

    27. Ikan Ranchu


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Ikan ranchu adalah rajanya ikan mas koki hias. Ikan hias air tawar terindah di dunia ini juga miliki tampilan yang terlalu indah dan eksotis bersama wujud tubuh yang sedikit bungkuk tapi menggemaskan. Tak hanya itu, ekor ikan ranchu termasuk bisa tumbuh hingga panjang dan penuh dengan keanggunan. Untuk memelihara ikan ini tidak jauh berlainan bersama dengan pelihara ikan hias koki. Cukup menyimak mutu air, pakan, dan terhitung filternya saja.

    28. Ikan Oranda


    28 Ikan Hias Air Tawar Bagus Dan Murah

    Masih tergolong ke dalam kerabat ikan mas koki, ikan oranda termasuk punyai wujud kepala yang unik bersama ada daging seperti sanggul yang berada di atas kepalanya. Lekuk tubuh, gerakan, dan bentuknya keluar sangat cantik dan terhitung memesona. Untuk pelihara ikan hias air tawar termahal ini memadai mudah. Yaitu bersama menerapkan cara memelihara ikan hias terhadap umumnya. Dengan begitu ikan oranda akan tetap awet dan berkembang biak bersama baik. 

    Itulah sebagian jenis ikan hias air tawar yang bagus dan murah serta mudah dipelihara. Kamu rela pelihara ikan hias yang mana, nih? 
    LihatTutupKomentar

    Ikan Hias Unggulan

    Ikan Hias Air Tawar

    100 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kita ketahui bahwa ikan hias itu cuma bisa di memelihara untuk pajangan aquarium dan terhitung banyak sekali m...